5 Cara Mengatasi Kondisi Kaki Bengkak pada Penderita Diabetes

5 Cara Mengatasi Kondisi Kaki Bengkak pada Penderita Diabetes
Ilustrasi Kaki Bengkak. ©health.usnews.com
SEHAT | 8 Juli 2019 00:22 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika seseorang menderita penyakit diabetes, terdapat sejumlah efek samping yang mungkin muncul pada dirimu. Salah satu masalah yang cukup mengganggu adalah munculnya bengkak di kaki.

Bengkak di kaki ini bukan sekadar masalah sepele karena jika tak diatasi dengan benar bisa berujung pada amputasi. Masalah kaki bengkak ini dipicu oleh sirkulasi darah yang tak sempurna sehingga mengakibatkan akumulasi cairan di sejumlah bagian tubuh seperti tangan atau kaki.

Masalah bengkak di kaki ini juga bisa berujung dengan cedera sehingga perlu diatasi dengan tepat. Dilansir dari The Health Site, Berikut sejumlah cara mengatasi kaki bengkak yang disebabkan oleh diabetes.

1. Olahraga

Berolahraga tak hanya bermanfaat dalam mengurangi berat badan dan meningkatkan gula darah bagi penderita diabetes semata. Olahraga bisa melancarkan peredaran darah sehingga tidak terjadi kondisi bengkak pada kaki. Olahraga setidaknya 30 menit seperti berlari, berenang, atau bersepeda untuk mendapat manfaat ini.

2. Angkat Kaki

Ketika kakimu sudah bengkak, usahakan untuk membuat posisi kakimu terangkat. Pada malam hari, letakkan kaki di atas dua bantal yang ditumpuk untuk meningkatkan sirkulasi darah. Selama 10-15 menit setiap hari, posisikan kaki berada di atas jantung.

3. Gunakan Sepatu yang Longgar

Karena kondisi kakimu yang sudah terlanjur bengkak, gunakan sepatu yang longgar atau dengan ukuran yang lebih besar. Menggunakan sepatu dengan ukuran ketat justru bisa menutup sirkulasi darah dan membuat kondisi kaki memburuk.

4. Kurangi Konsumsi Sodium

Mengubah pola makan juga penting untuk dilakukan demi menghindari masalah lebih lanjut. Mengurangi konsumsi sodium atau garam bisa menghalau risiko tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu penyebab lain kaki bengkak.

5. Penuhi Asupan Air

Walau kondisi kaki bengkak disebut terjadi karena cairan yang tak dapat mengalir di kaki, namun kamu juga perlu untuk tetap menjaga asupan air di tubuh. Ketika kamu mengalami dehidrasi, tubuh cenderung untuk menahan lebih banyak air.

Lima cara tersebut bisa kamu lakukan untuk mengatasi terjadinya masalah lebih lanjut. Perubahan gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat penting dilakukan terutama ketika kamu memiliki diabetes. (mdk/RWP)

Baca juga:
Kenali Perbedaan Tipe 1 dan 2 Diabetes untuk Ketahui Cara Mengontrolnya
2 Hal ini Penting Ditaati Oleh Penderita Diabetes Ketika mengonsumsi Kurma
Hindari Konsumsi Obat Penurun Gula Darah Ketika Sahur
Begini Cara Membuat Penderita Diabetes dapat Jalani Bukber dengan Tenang
Penderita Diabetes Bebas untuk Makan Kolak, Asal Dengan Cara Berikut Ini
Hendak Berolahraga Ketika Puasa? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami