5 Cara Menghadapi Menstruasi untuk Menekan Rasa Nyeri yang Muncul

SEHAT | 22 November 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Menstruasi merupakan salah satu siklus bulanan yang dialami oleh semua wanita. Walau dialami setiap bulan, namun bukan berarti siklus ini bisa terjadi dengan lancar.

Berbagai masalah biasa menyertai terjadinya menstruasi setiap bulan ini. Salah satu hal yang kerap kali terjadi adalah munculnya rasa nyeri terutama pada perut bagian bawah.

Munculnya rasa nyeri ini biasa sangat mengganggu aktivitas dan keseharian seseorang. Hal ini juga bisa sangat menyiksa bagi wanita tersebut.

Terdapat sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi rasa nyeri ketika menstruasi ini. Dilansir dari Mag for Women, berikut sejumlah cara menghadapi rasa nyeri yang muncul saat menstruasi.

1 dari 5 halaman

Mempersiapkan Masa Menstruasi

bagi sebagian besar wanita, menstruasi datang dengan jadwal yang teratur setiap bulan. Oleh karena itu, dengan menandai saat PMS dan saat menstruasi, kamu jadi lebih mudah dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi menstruasi. Selain itu, kamu juga bisa meredakan nyeri menstruasi dengan berjaga-jaga mengonsumsi obat pereda rasa sakit yang telah disarankan oleh dokter.

2 dari 5 halaman

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian ketat akan semakin membuat kamu merasa tersiksa saat menstruasi. Oleh sebab itu, gunakan pakaian longgar yang dapat membuatmu merasa nyaman dan bebas bergerak.

3 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Sehat

Hindari mengonsumsi makanan olahan yang penuh dengan zat kimia. Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah.

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih. Air putih akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

4 dari 5 halaman

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup selama masa menstruasi akan membantumu untuk menghadapi nyeri menstruasi yang menyiksa. Dengan istirahat yang cukup, kamu akan mempunyai tenaga yang lebih untuk mengatasi nyeri yang melanda.

5 dari 5 halaman

Kontrol Emosi

Saat menstruasi, emosi wanita biasanya menjadi tidak stabil. Namun, sebaiknya kontrol emosi agar terhindar dari stres dan depresi. Kondisi emosi yang stabil ini juga bisa membantu dalam mengatasi nyeri menstruasi.

Sejumlah cara tersebut bisa membantumu menyiapkan diri dalam menghadapi nyeri menstruasi. Namun ketika nyeri yang muncul tidak tertahankan, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mengatasinya. (mdk/RWP)

Baca juga:
Bisakah Menstruasi yang Terjadi Secara Parah Menyebabkan Bahaya bagi Nyawa?
Mengapa Kadang Wanita Ingin Bercinta di Kala Menstruasi?
7 Hal yang Biasa Menyebabkan Menstruasi Terlambat Datang
4 Mitos dan Fakta pada Awal Menopause yang Penting Diketahui Wanita
Ini Posisi Tidur Paling Tepat Ketika Kamu Sedang Mengalami Menstruasi