5 Cara Mudah bagi Ibu Hamil untuk Hilangkan Masalah Morning Sickness

SEHAT | 27 Januari 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Morning sickness merupakan hal yang biasa dialami oleh seorang ibu hamil. Hal ini biasa ditandai dengan mual dan muntah di pagi hari dan merupakan salah satu gejala umum dari kehamilan.

Morning sickness ini biasanya dialami hingga usia kehamilan tiga bulan. Hal ini juga mungkin bisa disebabkan karena reaksi kuat dari bau atau rasa tertentu.

Hal ini biasanya muncul pada ibu hamil karena sejumlah perubahan pada tubuh termasuk hormon, meningkatnya indera penciuman, serta sistem pencernaan yang lebih sensitif. Sejumlah hal ini bisa membuatmu merasa mual selama kehamilan.

Terdapat sejumlah cara yang bisa diterapkan oleh ibu hamil untuk menghilangkan masalah ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara mudah untuk atasi morning sickness.

1 dari 5 halaman

Istirahat yang Cukup

Tidur baik di malam atau siang hari merupakan hal yang penting untuk dilakukan secara rutin terutama pada ibu hamil. Hal ini bisa menjadi cara untuk menurunkan risiko morning sickness. Walau begitu, hindari tidur langsung setelah makan karena bisa meningkatkan risiko mual.

2 dari 5 halaman

Hindari Makanan Pedas dan Berlemak

Makanan berlemak dan pedas serta kafein bisa melepaskan asam lambung sehingga kamu berisiko muntah. Selain itu, perut kosong bisa memperburuk rasa mual yang muncul. Oleh karena itu, kamu disarankan mengonsumsi makanan lebih sering namun dalam porsi kecil dibanding makan besar tiga kali sehari.

3 dari 5 halaman

Konsumsi Jahe

Jahe bisa membantu pencernaan dan melegakan perut yang bermasalah. Penelitian juga mengungkap bahwa jahe bisa meringankan gejala mual baik dikonsumsi dengan berbagai cara yang berbeda.

4 dari 5 halaman

Hindari Bau yang Kuat

Sebisa mungkin hindari bau yang kuat dan menyengat seperti asap rokok, parfum, atau hal apa pun yang bisa berdampak. Hal yang serupa juga bisa diterapkan pada berbagai makanan yang kamu anggap memiliki bau kuat.

5 dari 5 halaman

Tetap Aktif Secara Mental dan Fisik

Olahraga bisa mengurangi gejala mual pada wanita selama kehamilan. Sejumlah olahraga ringan yang tak berbahaya bisa menekan risiko morning sickness serta menjami badan tetap sehat dan bugar.

Beragam cara tersebut bisa kamu lakukan untuk menghindari morning sickness yang muncul. Selamat mencoba! (mdk/RWP)

Baca juga:
Perhatikan Konsumsi Tablet Tambah Darah pada Ibu Hamil yang Mengalami Anemia
Sejumlah Hal yang Penting Diketahui Ketika Bepergian saat Tengah Hamil
4 Minuman yang Disarankan untuk Dikonsumsi Ibu Hamil demi Kandungan yang Optimal
Bahaya yang Bisa Muncul Bagi Wanita yang Melahirkan Sebelum Berusia 20 Tahun
7 Tanda-Tanda Masa Awal Kehamilan yang Jarang Kamu Kenali
7 Dampak Sehat yang Bisa Diperoleh dari Berolahraga ketika Hamil

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.