5 Cara Mudah dan Alami untuk Mengatasi Kondisi Perut Tak Nyaman

SEHAT | 3 Oktober 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kondisi tak nyaman atau sakit pada perut merupakan masalah yang sering kita alami pada kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa sangat mengganggu aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari.

Terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan terjadinya masalah perut ini. Terlalu banyak atau belum makan bisa menjadi hal yang menyebabkan masalah pada perut ini.

Makanan yang kamu konsumsi juga bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan ini. Makanan dengan rasa terlalu tajam atau dalam kondisi tertentu bisa jadi pemicu munculnya maslaah di perut.

Masalah gangguan perut ini bisa kamu atasi bahkan tanpa ke dokter. Terdapat sejumlah bahan alami dan sederhana untuk meredakan masalah kesehatan perut yang kamu alami ini.

Sejumlah bahan ini sangat sederhana seperti misalnya air putih. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara alami dan sederhana untuk atasi masalah perut.

1 dari 5 halaman

Air Putih

Asupan air yang cukup merupakan kunci dari pencernaan yang efisien. Konsumsi air bisa membantu tubuh mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi.

Jika kamu rentan mengalami masalah pencernaan, pastikan untuk minum dalam jumlah yang tepat. Masalah seperti muntah dan diare bisa menyebabkan kamu mengalami dehidrasi sehingga penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah cukup.

2 dari 5 halaman

Lemon, Baking Soda, dan Air

Campuran dari jus lemon, baking soda, dan air bisa jadi ramuan untuk menangani masalah pencernaan. Keasaman pada lemon dan nutrisi yang didalamnya bisa memecah lemak dan alkohol sembari menetralkan asam di sistem pencernaan.

3 dari 5 halaman

Cengkih

Campuran bubuk cengkin dan madu bisa membantu melegakan perut yang bermasalah. Minum sebelum tidur untuk mengatasi masalah ini dan meredakan kondisi perut yang tak nyaman ini.

Cengkih memiliki kandungan yang bisa membantu mencerna gas dalam perut dan mencegah masalah. Hal ini bisa membantu mengatasi pencernaan yang menjadi lambat, mengurangi kram, serta meredakan masalah mual dan muntah.

4 dari 5 halaman

Jahe

Jahe mengandung zat kimia bernama gingerol dan shogaol di dalamnya yang bisa mengurangi kontraksi dalam perut. Komponen ini bermanfaat untuk membuat perut lebih cepat melewati perut.

Kandungan dalam jahe juga bisa mengurangi diare, mual, dan muntah. Ketika mengalami masalah pada perut, konsumsi jahe baik dalam bentuk minuman atau makanan untuk mengatasinya.

5 dari 5 halaman

BRAT

pola makan BRAT atau yang terdiri dari Bananas, Rice, Applesauce dan Toast disarankan untuk seseorang yang mengalami diare. Makanan ini juga dapat meredakan iritasi tenggorokan dari asam pada saat muntah.

Kandungan pada makanan ini membuat tinja yang dihasilkan lebih padat dan lancar. Makanan ini juga sangat aman dan tidak mencederai kesehatan perut sehingga baik dimakan pada seseorang yang mengalami masalah perut.

Sejumlah bahan makanan dan minuman tersebut disarankan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang mengalami masalah pencernaan. Konsumsi secara teratur untuk meredakan masalah perut yang kamu alami. (mdk/RWP)

Baca juga:
Penyebab Terjadinya Sendawa Terus-Menerus dan Cara Jitu Mengatasinya
6 Penyebab Kamu Merasa Lelah Ketika Baru Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya
11 Cara Alami untuk Mengatasi Suara Serak atau Hilang yang Mungkin Kamu Alami
7 Hal yang Jangan Dilakukan Ketika Perut Sedang Kosong
5 Alasan Kamu Tak Boleh Mengonsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari
5 Cara Alami dan Sederhana untuk Meredakan Demam dan Pilek