5 Cara mudah dan cepat redakan migrain

5 Cara mudah dan cepat redakan migrain
Ilustrasi Sakit Kepala. ©2014 Merdeka.com
SEHAT | 19 September 2014 12:08 Reporter : Kun Sila Ananda

Merdeka.com - Migrain bisa jadi sangat menyebalkan dan sulit hilang, terutama jika Anda mengalaminya di saat-saat genting seperti di tengah-tengah pekerjaan atau sebelum tidur. Migrain bisa merusak hari Anda dan membuat Anda tak bisa melakukan apapun yang produktif.

Jika Anda sering mengalami migrain semacam ini, jangan khawatir. Anda bisa melakukan beberapa cara mudah berikut ini untuk mengatasinya, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Menghirup minyak lavender

Minyak lavender diketahui memiliki zat yang bisa menenangkan. Inilah mengapa minyak lavender seringkali digunakan sebagai pengharum ruangan. Menghirup uap minyak lavender bisa membantu meredakan migrain dengan cepat. Anda juga bisa mengoleskan minyak lavender pada kening atau bagian yang sakit untuk menyembuhkannya.

2. Menghirup minyak peppermint

Minyak peppermint baik untuk aliran darah pada tubuh. Minyak ini bisa membuka dan menutup pembuluh darah agar oksigen lebih mudah masuk ke aliran darah. Menghirup minyak peppermint atau menjadikannya uap untuk dihirup juga bisa meredakan migrain dengan cepat.

3. Menggigit pensil

Lemaskan otot rahang dengan menggigit pensil di antara gigi Anda. Melemaskan otot rahang akan meredakan tekanan dan stres pada kepala sehingga bisa meredakan migrain. Namun pastikan Anda tidak menggigit pensil terlalu keras karena justru bisa membuat migrain lebih parah dan otot semakin kaku. Letakkan saja pensil di antara rahang dan gigit dengan santai.

4. Minum air

Dehidrasi seringkali membuat migrain menjadi lebih parah. Karena itu, jika migrain disebabkan oleh dehidrasi, salah satu cara cepat untuk mengatasinya adalah dengan minum banyak air. Minum banyak air akan membantu memenuhi cairan tubuh dan meredakan stres.

5. Memijat kepala

Memijat kepala dengan minyak kelapa juga bisa membantu meredakan sakit. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau pergi ke salon untuk memijat kepala. Memberi tekanan pada pelipis kepala saat memijat akan sangat membantu meredakan tekanan dan sakit akibat migrain.

Itu adalah beberapa cara cepat dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit kepala akibat migrain. Namun jika migrain terus datang dan berkelanjutan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi migrain yang Anda derita bukan migrain biasa dan berkaitan dengan masalah kesehatan lain dalam tubuh. (mdk/kun)

Mengonsumsi 10 makanan ini bisa menambah jumlah trombosit

4 Tips diet bagi mereka yang ingin berhenti merokok

Sering ngantuk saat bekerja? Konsumsi 5 makanan ini

6 Manfaat jalan kaki untuk kesehatan mental

Sedang hamil? Usahakan untuk selalu pergi ke taman

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami