5 Cara Sederhana Batasi Konsumsi Karbohidrat dalam Kehidupan Sehari-Hari

5 Cara Sederhana Batasi Konsumsi Karbohidrat dalam Kehidupan Sehari-Hari
ilustrasi karbohidrat. ©www.dfitpt.com
SEHAT | 27 Februari 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Karbohidrat selalu dituding sebagai biang kerok yang menyebabkan seseorang bertambah gendut. Oleh karena itu, banyak orang yang menjalani diet tanpa karbohidrat untuk menguruskan tubuh.

Sumber karbohidrat yang paling banyak dihindari orang adalah nasi dan roti. Dua makanan itu merupakan yang paling banyak dihindari oleh seseorang yang berusaha menurunkan berat badan.

Walau kita berusaha menghindarinya, namun godaan dan keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat terutama nasi ini selalu muncul. Hal ini terjadi pasalnya tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai bahan bakar energi.

Karbohidrat ini bisa berasal dari beragam sumber makanan seperti tepung, gula, atau lainnya. Pada masyarakat Indonesia, sumber karbohidrat yang paling umum dikonsumsi adalah nasi.

Karbohidrat ini berfungsi sebagai bahan bakar untuk sistem saraf tubuh dan juga bisa berdampak pasa mood serta stres. Karbohidrat juga diketahui bisa memicu serotonin, dopamin, serta endorfin lain di otak sehingga menyebabkan kamu ingin mengonsumsinya ketika kekurangan.

Mengingat sejumlah hal tersebut, sangat sulit untuk menghindari konsumsi karbohidrat sepenuhnya. Namun terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan karbohidrat ini. Dilansir dari Health24, berikut sejumlah cara untuk membatasi keinginan berlebih mengonsumsi karbohidrat.

Baca Selanjutnya: Pilih Sumber Karbohidrat yang Lebih...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami