5 Cara Sederhana Agar Kamu Tak Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat

SEHAT | 16 Oktober 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Karbohidrat selalu dituding sebagai biang kerok yang menyebabkan seseorang bertambah gendut. Oleh karena itu, banyak orang yang menjalani diet tanpa karbohidrat untuk menguruskan tubuh.

Sumber karbohidrat yang paling banyak dihindari orang adalah nasi dan roti. Dua makanan itu merupakan yang paling banyak dihindari oleh seseorang yang berusaha menurunkan berat badan.

Walau kita berusaha menghindarinya, namun godaan dan keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat terutama nasi ini selalu muncul. Hal ini terjadi pasalnya tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai bahan bakar energi.

Karbohidrat ini bisa berasal dari beragam sumber makanan seperti tepung, gula, atau lainnya. Pada masyarakat Indonesia, sumber karbohidrat yang paling umum dikonsumsi adalah nasi.

Karbohidrat ini berfungsi sebagai bahan bakar untuk sistem saraf tubuh dan juga bisa berdampak pasa mood serta stres. Karbohidrat juga diketahui bisa memicu serotonin, dopamin, serta endorfin lain di otak sehingga menyebabkan kamu ingin mengonsumsinya ketika kekurangan.

Mengingat sejumlah hal tersebut, sangat sulit untuk menghindari konsumsi karbohidrat sepenuhnya. Namun terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan karbohidrat ini. Dilansir dari Health24, berikut sejumlah cara untuk membatasi keinginan berlebih mengonsumsi karbohidrat.

1 dari 5 halaman

Pilih Sumber Karbohidrat yang Lebih Baik

Walau sama-sama karbohidrat, namun beberapa makanan memiliki kandungan nutrisi yang lebih sehat. Usahakan untuk menghindari karbohidrat yang tinggi gula dan lemak jenuh seperti donut, keripik, roti, dan cake.

Sumber karbohidrat yanglebih baik bisa kamu peroleh dari buah, sayur, polong, dan biji-bijian. Selain mengandung nutrisi yang berguna, makanan ini juga melepas energi secara perlahan sehingga membuatmu tidak cepat lapar dan ingin mengonsumsi karbohidrat terus-menerus.

2 dari 5 halaman

Ganti dengan Pilihan yang lebih Sehat

Ketika ingin ngemil, pastikan memilih cemilan yang memiliki protein, lemak sehat, serta karbohidrat yang seimbang. Kamu bisa mencampur berbagai makanan untuk mendapat kombinasi yang sehat dan sempurna.

Seringnya kita merindukan tekstur dan rasa dari makanan yang tak sehat. Hal ini lah yang menyebabkan kamu cenderung makan tidak sehat sehinggat kamu sebaiknya menggantinya dengan alternatif yang lebih sehat.

3 dari 5 halaman

Kurangi Asupan Gula

Konsumsi terlalu banyak gula bisa berujung pada naik turunya tenaga secara drastis. Hal ini justru bisa membuatmu selanjutnya menginginkan lebih banyak gula.

Jika kamu telalu banyak mengonsumsi gula sebagai sumber karbohidrat, sebaiknya kamu mulai mengubah kebiasaanmu itu. Pilih jenis karbohidrat lain yang lebih sehat dan minim kandungan gula.

4 dari 5 halaman

Jaga Asupan Air di Tubuh

Rasa haus yang terjadi dalam diri kita sering salah dipahami sebagai lapar. dengan memastikan bahwa asupan air di tubuh cukup, maka kemungkinan kita merasa lapar bakal minim terjadi.

Jangan sampai kamu merasa haus untuk minum terlebih dahulu. Jika rasa lapar akibat haus tidak muncul, maka peluangmu untuk mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat bisa dihindari.

5 dari 5 halaman

Jangan Terlalu Lapar

Ketika kamu merasa terlalu lapar, bisa jadi kamu bakal makan terlalu banyak sehingga tidak membatasi asupan karbohidrat. Dengan makan dalam porsi kecil namun cukup sering, maka kamu bisa terhindar dari makanan yan tak sehat juga.

Hal ini juga bisa mencegahmu negmil makanan-makanan tak sehat. Pilihan makanan yang lebih sehat bisa kamu peroleh dari buah atau kacang-kacangan.

Sejumlah hal tersebut bisa kamu lakukan untuk tidak berlebihan mengonsumsi karbohidrat. Pastikan sejumlah hal ini agar kamu tidak mengalami berbagai masalah kesehatan serta berat badan. (mdk/RWP)

Baca juga:
Dokter Spesialis Jantung Ingatkan untuk Mulai Check Up Sejak Usia 20-an
10 Penyakit Autoimun yang Paling Umum Dialami Ditemui di Masyarakat
Bahaya Mengerikan Sering Pakai Minyak Goreng Curah
Benarkah Konsumsi Air Dingin Bisa Menyebabkan Seseorang Jadi Gemuk?
Cara Mengatasi Munculnya Keringat Berlebihan di Sekitar Area Kewanitaan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.