5 Cara Sederhana Menyehatkan Paru-Paru Agar Terhindar dari Berbagai Macam Infeksi

5 Cara Sederhana Menyehatkan Paru-Paru Agar Terhindar dari Berbagai Macam Infeksi
Ilustrasi paru-paru. ©Shutterstock.com/Spectral-Design
SEHAT | 5 Oktober 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kesehatan paru-paru ini kerap menjadi masalah yang kerap dilupakan hingga terjadi masalah pernapasan. Padahal, paru-paru merupakan organ utama pada sistem pernapasan dan membantu menyuplai oksigen pada kapiler sehingga darah bisa teraliri oksigen.

Paru-paru juga merupakan organ yang paling aktif di dalam tubuh. Sejumlah kandungan bisa menyebabkan kerusakan pada saluran pernapasan dan mempengaruhi fungsi paru-paru. Lebih lanjut, hal ini bisa berujung terjadinya penyakit paru-paru.

Adanya masalah di saluran pernapasan bisa mengakibatkan terjadinya banyak penyakit. Hal ini termasuk asma, penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK), bronkitis, pneumonia, tuberkulosis, kanker paru-paru, serta berbagai masalah lainnya.

Sejumlah masalah paru-paru bisa menyebabkan kegagalan pernapasan dan bahkan memperburuk infeksi COVID-19 yang dialami. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara sederhana menyehatkan paru-paru.

2 dari 4 halaman

Hindari Rokok dan Polusi

Berhenti Merokok

Asap rokok memiliki kandungan ribuah zat kimia berbahaya yang bisa melukai tubuh. Merokok bisa menjadi penyebab utama penakit paru-paru seperti kanker paru dan PPOK. Jika kamu tidak merokok, menghindari paparan asap rokok dari orang lain bisa membantu mencegah terjadinya masalah ini.

Hindari Paparan Polusi

Sejumlah polutan yang berada di udara bisa menyebabkan masalah paru-paru serta pada kesehatan secara total. Sebagai contoh, pewangi buatan yang biasa digunakan pada beragam produk pencuci pakaian dan penyegar udara memiliki kandungan racun di dalamnya.

3 dari 4 halaman

Olahraga yang Tepat

tepat

Olahraga Rutin

Olahraga bisa meningkatkan kapasitas paru-paru agar jantung dan otot tubuh tetap tersuplai oksigen. Masalah paru-paru ini biasanya ditandai dengan napas pendek, sakit ketika bernapas, pening ketika berganti aktivitas, serta batuk tak kunjung hilang.

Dengan melakukan olahraga, sejumlah masalah tersebut tidak akan kamu alami lagi. Walau begitu, ketika masalah semakin berat, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Olahraga Pernapasan

Kurangnya asupan oksigen bisa membuatmu lebih rentan mengalami masalah paru-paru dan bahkan penyakit jantung. Bernapas dalam-dalam bisa membantu memperkuat paru-paru serta mengeluarkan racun yang mungkin menumpuk di organ tersebut.

4 dari 4 halaman

Perhatikan Makanan

Konsumsi Makanan yang Tepat

Pastikan kamu sudah memiliki pola makan yang seimbang antara antioksidan, protein, folat, serta karbohidrat kompleks. Sejumlah nutrisi ini sangat penting bagi fungsi paru-paru yang sehat dan membersihkannya dari racun berbahaya.

Pastikan juga untuk menghindari makanan tertentu. Makanan dengan kandungan lemak trans dan lemak jenuh sebaiknya dihindari demi kesehatan paru-paru.

Baca juga:
Cegah Penyakit, Begini Cara Hindari Makanan Terkontaminasi
Ketahui Dua Jenis Skrining untuk Deteksi Penyakit Jantung Bawaan
Ternyata Masih Banyak yang Salah, Ini Cara Tepat untuk Menelan Obat agar Manjur
5 Cara Melakukan Detox Digital demi Kesehatan Fisik dan Mental
Dokter Ingatkan Bahwa Susu Tidak Bisa Gantikan Makanan Utama pada Anak
Mengontrol Faktor Risiko Bisa Bantu Cegah Penyakit Jantung Koroner

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini