5 Gejala umum dari infeksi saluran kemih

SEHAT | 26 Agustus 2014 13:28 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Infeksi saluran kemih atau yang biasa dikenal dengan infeksi saluran kencing adalah infeksi yang mempengaruhi organ-organ tubuh yang berhubungan dengan urin. Saluran kemih meliputi ginjal, ureter, dan kandung kemih atau uretra. Selain itu, karena saluran kemih adalah tempat keluarnya kotoran di dalam tubuh maka saluran ini paling mudah terkena bakteri yang menyebabkan infeksi.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, dibandingkan dengan pria, wanita paling mudah untuk terkena infeksi ini. Sebab saluran mereka berdekatan dengan dubur yang juga bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri.

Berikut adalah beberapa gejala umum dari penyakit ini.

Sering buang air kecil

Salah satu tanda paling umum dari infeksi saluran kemih atau ISK adalah dorongan untuk buang air kecil yang meningkat. Bahkan rasa ini muncul setelah Anda baru saja mengosongkan kandung kemih Anda.

Disuria

Disuria atau munculnya rasa sakit ketika buang air kecil juga bisa menjadi gejala dari ISK. Tak hanya itu, jika Anda terkena ISK maka akan muncul rasa panas seperti terbakar ketika buang air kecil.

Darah dalam urin

ISK terjadi karena bakteri berkembang di saluran kemih. Bakteri ini kemudian menyerang lapisan uretra yang dapat menyebabkan keluarnya darah melalui urin. Kondisi ini disebut dengan hematuria.

Demam tinggi dan kelelahan

Ketika infeksi bakteri ISK mencapai ginjal, maka akan terjadi demam tinggi. Selain itu Anda juga akan mengalami kelelahan dan mual.

Nyeri punggung

Ketika saluran kemih bagian atas terinfeksi, maka dapat menyebabkan rasa sakit di daerah punggung bawah dan pangkal paha. Dalam beberapa kasus, penderita juga mungkin mengalami sakit perut yang parah serta kram.

ISK menjadi penyakit yang sering muncul akhir-akhir ini. Ada beberapa hal yang menyebabkan ISK yaitu kurangnya minum air, sering menahan kencing, atau Anda tidak memperhatikan kebersihan toilet saat buang air kecil.

Cegah infeksi saluran kemih dengan 4 cara ini!

7 Tips mencegah infeksi saluran kemih

Jus cranberry ampuh sembuhkan infeksi kandung kemih

(mdk/feb)