5 Gerakan Jari Sederhana yang Bisa Membantu Meredakan Gejala Arthritis

5 Gerakan Jari Sederhana yang Bisa Membantu Meredakan Gejala Arthritis
Ilustrasi jari. sooperboy
SEHAT | 8 Desember 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Arthritis adalah salah satu masalah kesehatan yang menyerang persendian. Kondisi ini biasanya berupa rasa bengkak dan kaku serta kadang muncul rasa nyeri dan pegal.

Masalah ini kerap dialami pada bagian tubuh tertentu. Bagian tubuh yang kerap mengalami masalah ini adalah pada persendiang tangan dan kaki serta pada jari-jari.

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk meredakan masalah ini. Namun pada rasa kaku dan nyeri di jari, sejumlah gerakan sederhana bisa sangat membantu dalam meredakannya. Berikut sejumlah gerakan sederhana yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi gejala arthritis.

Mengepalkan Tangan

Mulailah dengan meregangkan tangan dan jari, lalu secara perlahan mengepal ke dalam kepalan tangan. Jaga agar ibu jari berada di luar kepalan tangan. Perlahan lepaskan ke posisi asli. Ulangi 10 kali pada masing-masing tangan.

2 dari 3 halaman

Menekuk Jempol dan Jari

Menekuk Jempol

Dengan menggunakan salah satu tangan, pegang pangkal ibu jari lalu tekuk ke bagian atas sampai kamu merasakan peregangan. Selanjutnya kembalikan ujung jempol ke posisi asalnya dan ulangi.

Menekuk Semua Jari

Luruskan jari-jarimu lalu tekuk senyaman mungkin. Selanjutnya luruskan jarimu sampai kamu merasakan peregangan Ulangi lagi langkah tersebut untuk meredakan rasa pegal yang kamu alami.

3 dari 3 halaman

Mengangkat Jari dan Bentuk O

dan bentuk o

Mengangkat Jari

Istirahatkan telapak tangan di atas meja dengan posisi jari yang terbentang. Lalu satu per satu, angkat secara perlahan jari-jarimu dan kemudian istirahatkan selama beberapa detik.

Membuat Bentuk O

Membuat gerakan atau bentuk O dengan ibu jari dan semua jari akan membantu meringankan rasa sakit atau nyeri di tangan. Tahan posisi ini selama beberapa detik. Lalu luruskan lagi. Ulangi beberapa kali di masing-masing tangan.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu mengatasi rasa nyeri dan pegal yang mungkin muncul dari arthritis. Walau begitu ketika rasa sakit sudah berlangsung lama dan tak tertahankan, sebaiknya berkonsultasi ke dokter. (mdk/RWP)

Baca juga:
Kapan Seseorang Boleh Kembali Berolahraga Setelah Terinfeksi COVID-19?
5 Tips Hidup Sehat dan Bugar Sehari-Hari Ala Anak Kuliahan
Berolahraga Menggunakan Jaket Agar Berkeringat Sebenarnya Tak Dianjurkan
Berolahraga dalam Jumlah Tepat Bisa Jadi Kunci Tingkatkan Sistem Imun
Tips Agar Tidak Mudah Sakit di Tengah Musim Hujan pada Masa Pandemi
8 Manfaat yang Bisa Diperoleh Tubuh dari Meregangkan Badan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami