5 Hal tidak Boleh Dilakukan Sebelum Memeriksakan Diri ke Dokter

SEHAT | 25 September 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Berkunjung ke dokter merupakan suatu hal yang biasa kamu lakukan ketika kamu tengah sakit. Namun hal ini juga bisa kamu lakukan untuk memeriksa kondisi kesehatan yang kamu miliki.

Pemeriksaan dengan dokter bahkan untuk melakukan check-up rutin bisa membuat kamu was-was. Banyak orang takut bahwa mereka ternyata memiliki penyakit misterius atau takut kondisi yang mereka miliki tidak sesuai dengan kenyataannya.

Dalam melakukan pemeriksaan, mengetahui kondisi kesehatan sesuai kenyataan merupakan hal yang penting dilakukan. Hal ini bisa membantu mengetahui masalah kesehatan yang memang kamu miliki.

Untuk mendapatkan hasil secara tepat, ternyata terdapat sejumlah hal yang boleh dan tak boleh kamu lakukan. Sejumlah hal ini bisa mengubah hasil pemeriksaan yang kamu jalani dan tak menggambarkan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Sejumlah hal yang tampak sepele ini ternyata bisa sangat mempengaruhi hasil pemeriksaanmu. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal yang tak boleh kamu lakukan sebelum memeriksakan diri ke dokter.

1 dari 5 halaman

Jangan Minum Kopi Sebelum Memeriksa Tekanan Darah

Tes paling dasar yang biasa dilakukan ketika di dokter adalah tekanan darah dan berat badan. Mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya, beberapa jam sebelum mengukur tekanan darah bisa meningkatkan angkanya secara tak tepat. Konsumsi rokok juga bisa jadi penyebab terjadinya hal ini.

2 dari 5 halaman

Jangan Konsumsi Obat Sebelum ke Dokter

Ketika kamu sakit, sebaiknya jangan konsumsi obat apa pun sebelum datang ke dokter. Hal ini bisa kamu lakukan agar dapat mengenali secara khusus gejala yang muncul dan apakah terdapat keanehan. Hal ini mungkin bisa tidak tampak ketika kamu baru saja mengonsumsi obat.

3 dari 5 halaman

Tidak melakukan Manicure dan Pedicure Sebelum ke Dokter Kulit

Jangan mengubah kondisi kuku karena dokter kulit perlu memeriksa bagian ini juga. Hal kecil yang ditunjukkan kuku kadang bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih besar seperti masalah jantung, anemia, dan diabetes.

Ketika kuku dalam kondisi bersih, kamu bisa mengenali jamur dengan sangat mudah. Hal lain yang sebaiknya juga kamu hindari adalah menggunakan make-up.

4 dari 5 halaman

Jangan Minum Alkohol Sebelum Tes Kolesterol

Tingkat triglycerida bisa berubah ketika seseorang mengonsumsi alkohol sebelum melakukan tes. Hindari konsumsi alkohol setidaknya 24 jam sebelum melakukan tes kolesterol. Hal lain yang juga sebaiknya dihindari adalah makanan manis, tinggi lemak, serta makan berlebih.

5 dari 5 halaman

Jangan Gunakan Deodoran Sebelum Tes Kanker Payudara

Pada wanita, dianjurkan untuk tidak menggunakan deodoran ketika hendak melakukan mammogram atau tes kanker payudara. Pasalnya, banyak deodoran dan bedak mengandung alumunium yang bisa tampak sama dengan klasifikasi dada dan memberikan hasil tes positif palsu.

Untuk mendapat hasil tes yang akurat, perlu dilakukan berbagai hal ini. Sejumlah hal tersebut sebaiknya kamu hindari ketika hendak memeriksakan diri ke dokter. (mdk/RWP)

Baca juga:
Penyebab Mengapa Bayi Menjadi Rewel Saat Diletakkan di Boks dan Cara Mengatasinya
3 Tanda yang Muncul Tanpa Disadari Ketika Tubuhmu Mengalami Masalah Kebugaran
Menurut Ahli, Begini Cara Tepat Mengatasi Mata Kering
Begini 5 Kunci yang Bisa Diterapkan untuk Mengatasi Obesitas Anak
8 Tips Bercukur yang Harus Diterapkan Demi Hasil Maksimal dan Kulit yang Sehat
Sejumlah Hal yang Penting Diketahui Saat Memberi ASI Pertama Kali

TOPIK TERKAIT