5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Menstruasi Tak Kunjung Usai

5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Menstruasi Tak Kunjung Usai
SEHAT | 20 Mei 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Siklus menstruasi merupakan sebuah siklus bulanan yang dialami oleh wanita. Normalnya, mestruasi dialami wanita dalam siklus 28 hari yang dimilikinya.

Menstruasi terjadi pada wanita karena kondisi sel telur yang tidak dibuahi. Umumnya, menstruasi ini terjadi selama 3-5 hari.

Walau begitu, tidak semua mengalami menstruasi secara normal ini. Menstruasi bisa saja terjadi lebih cepat atau lebih lama dari batas normal.

Menstruasi tergolong lama ketika terjadi lebih dari 8 hari. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah penyebab mengapa menstruasi bisa terjadi dalam waktu lama.

1 dari 5 halaman

Pendarahan Abnormal

Pendarahan uterus yang abnormal bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Pendarahan ini mengindikasikan siklus anovulasi, suatu kondisi ketika ovarium tidak menghasilkan telur namun terjadi pendarahan di rahim.

2 dari 5 halaman

Gangguan Pendarahan

Gangguan pendarahan biasanya terjadi pada anak perempuan selama masa pubertas mereka. Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin dan mineral.

3 dari 5 halaman

Penyakit Tiroid

Menstruasi berkepanjangan juga bisa terjadi akibat rendahnya kadar hormon tiroid dalam tubuh. Oleh karena itu kamu perlu berkonsultasi dengan dokter agar terhindar dari komplikasi lebih lanjut.

4 dari 5 halaman

Hiperprolaktinemia

Hiperprolaktinemia terjadi karena tingginya tingkat prolaktin, hormon yang dibutuhkan untuk perkembangan payudara dan menginduksi menyusui pada wanita. Itulah sebabnya gangguan ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang menyusui.

5 dari 5 halaman

Perimenopause

Perimenopuase atau menopause dini juga bisa membuat wanita mengalami menstruasi dengan durasi yang panjang. Biasanya menopause dini terjadi antara usia 40-45 tahun dan menjadi penyebab masalah pada menstruasi.

Sejumlah hal tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya menstruasi secara berkepanjangan. Ketika kondisi ini tak kunjung usai atau terjadi berkali-kali, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya. (mdk/RWP)

Baca juga:
Kenali Cara Tepat yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Area Kewanitaan
5 Tips Penting Bagi Wanita untuk Memilih Bra yang Cocok dan Menyehatkan
Ini Posisi Tidur Paling Tepat Ketika Kamu Sedang Mengalami Menstruasi
Obat Hormon Pengendali Siklus Menstruasi Tak Boleh Dikonsumsi oleh Sembarang Orang
5 Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul Akibat Menggunakan Bra Terlalu Kecil
Usai Anak Perempuan Menstruasi, Pertumbuhan Badan Bakal Melambat
'Mager' Ketika Menstruasi Bisa Buat Kamu Alami Masalah Ini

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami