5 Hal yang Dilakukan untuk Menyiapkan Bayi Mengonsumsi Makanan Padat

5 Hal yang Dilakukan untuk Menyiapkan Bayi Mengonsumsi Makanan Padat
SEHAT | 26 Februari 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika memasuki usia tujuh atau delapan bulan, penting bagi bayi untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan. Selain ASI dan susu formula, buah hati bisa mulai mengonsumsi sereal bayi, daging atau protein lainnya, buah, sayur, biji-bijian, yogurt, dan keju.

Setelah selama enam bulan pertama bayi hanya mengonsumsi ASI eksklusif sebelum bisa mengonsumsi makanan padat. Dari usia 6 hingga 12 bulan, selain ASI, bayi juga mulai mengonsumsi makanan padat sebagai pendamping.

Pengenalan terhadap makanan padat ini sangat penting bagi perkembangan bayi. Selain karena kebutuhan nutrisi, hal ini juga membantu membiasakan mereka untuk makan selanjutnya.

Mengenalkan anak pada makanan padat ini merupakan fase transisi yang butuh persiapan baik oleh buah hati dan orangtua. Dilansir dari Nurture Life, berikut sejumlah hal yang penting disiapkan bagi anak dan orangtua untuk mulai mengonsumsi makanan padat.

1 dari 5 halaman

Jangan Khawatir Saat Bayi Menolak Makanan Tertentu

Ketika bayi enggan mengonsumsi makanan tertentu, biasanya orangtua bakal putus asa dan berhenti menawari anak mereka. Walau begitu orangtua tak boleh putus asa karena penelitian menyebut bahwa perlu 6 hingga 15 kali percobaan sebelum bayi mulai menerima makanan baru.

2 dari 5 halaman

Biasakan Bayi dengan Lingkungan Baru

dengan lingkungan baru

Memberi bayi makanan baru berarti membiasakan mereka dengan lingkungan baru seperti kursi baru, sendok, serta mangkuk. Membiasakan mereka dengan lingkungan tersebut perlu dilakukan agar mereka familiar dengan lingkungan makan yang baru.

3 dari 5 halaman

Membuat Jadwal Makan Bayi

Biasakan untuk memberi buah hati makanan padat sehari tiga kali. Hal ini bisa membuatmu lebih mudah ketika waktu memberi makan. Ketika memberi makan, tawarkan makanan padat pertama kali baru kemudian susu formula atau ASI saat buah hati menolak.

4 dari 5 halaman

Tawarkan Beragam Jenis Makanan Padat

jenis makanan padat

Selera makan anak bisa berkembang secara berbeda menurut orangtua mereka. Beri anak beragam jenis makanan agar anak terpapar denga berbagai rasa dan terkstur pada usia muda. Hal ini bisa membuat mereka jadi menggemari berbagai jenis makanan kelak ketika sudah tumbuh.

5 dari 5 halaman

Kurangi Gangguan ketika Makan

Usahakan matikan TV dan musik selama makan serta hilangkan beragam gangguan seperti mainan. Buat situasi yang menenangkan dan fokus agar buah hati bisa makan dengan nyaman.

Sejumlah cara tersebut bisa mulai kamu lakukan untuk membiasakan buah hati mengonsumsi makanan padat. Walau begitu, pastikan agar kamu dan buah hati tidak terbebani ketika melakukannya. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Santapan yang Tepat bagi Anak yang Baru Mengonsumsi Makanan Padat
Walau Langka, Perubahan Kelamin pada Seseorang Bisa Terjadi Secara Alami
4 Hal yang Dapat Dialami Orangtua Ketika Tidur dengan Bayi Mereka
Kondisi Kesehatan Bisa Buat Bayi Alami Kondisi Serupa Menstruasi
Waspada! 4 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Ruam Popok pada Buah Hati
Penyebab Serta Cara Ampuh Mengatasi Ruam Popok pada Bayi
10 Cara Ampuh Atasi Kulit Mengelupas pada Bayi
3 Hal untuk Sterilisasi dan Membersihkan Alat Makan dan Menyusui Bayi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5