5 Hal yang Haram Dilakukan ketika kamu Mengalami Konstipasi

5 Hal yang Haram Dilakukan ketika kamu Mengalami Konstipasi
Ilustrasi Sakit Perut. ©iStockphoto
SEHAT | 7 April 2021 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Konstipasi atau sembelit merupakan masalah kesehatan yang bisa membuatmu sangat menderita. Kondisi ini bisa membuatmu sulit buang air besar sehingga menyebabkan terjadinya masalah kesehatan lebih lanjut.

Masalah pencernaan ini juga merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi. Kondisi ini sama sekali tidak kamu inginkan dan sebaiknya juga dicegah sebisa mungkin.

Sejumlah hal bisa menjadi penyebab terjadinya konstipasi ini. Sejumlah hal seperti dehidrasi, kurangnya asupan serat, stres, serta tingginya asupan produk olahan susu menjadi penyebab terjadinya masalah ini.

beberapa kebiasaanmu sehari-hari bisa jadi memperburuk konstipasi yang kamu alami. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan ketika konstipasi dan bisa memperburuk kondisimu.

1. Konsumsi Makanan Olahan

Secara umum, makanan olahan merupakan salah satu makanan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun hal ini semakin haram dilakukan ketika kamu konstipasi.

Makanan olahan dan junk food memiliki kandungan lemak yang tinggi dan bisa memperlambat pencernaan dan menyebabkan rasa tidak nyaman ini. Terdapat juga kandungan fruktan, karbohidrat yang membuat makanan lebih lama ketika dicerna. Oleh karena itu, ketika tengah mengalami konstipasi, pastikan untuk menghindari konsumsi mi instan atau makanan kemasan agar masalah ini tidak semakin memburuk.

Baca Selanjutnya: Kurang Gerak dan Konsumsi Olahan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami