5 Hal yang Harus Diperhatikan agar Tak Mengalami Masalah Lutut

SEHAT | 27 Februari 2019 13:03 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Masalah pada lutut merupakan salah satu hal yang kerap kita alami pada kehidupan sehari-hari. Kondisi ini membuat kita merasa kesulitan untuk melangkah dan cukup mengganggu aktivitas.

Masalah pada lutut ini dapat muncul karena kebiasaan kegiatan sehari-hari serta karena beberapa hal lain. Dilansir dari Medical Daily, berikut lima hal yang harus kamu perhatikan agar tidak mengalami masalah lutut.

1. Pemanasan Sebelum Olahraga

Peregangan dan pemanasan sebelum berolahraga terutama dengan intensitas tinggi dapat membuat kamu terhindar dari masalah lutut.

"Jika kita menyelesaikan pemanasan, otak kita bakal mengenali pergerakan dan secara mulus membuat temperatur tubuh meningkat secara bertahap untuk membantu jantung memompa darah lebih efisien dalam menggerakkan otot," ujar Jeffrey Duarte dari NY Sports Science Lab.

Pemanasan yang cukup ini bakal membuat otot memiliki cukup waktu dalam memompa darah. Hal ini juga cukup diperlukan karena dibutuhkan untuk menurunkan ketegangan otot.

2. Kurangi Bobot Tubuh

Lutut menopang beban tubuh secara luar biasa. Charles Bush-Joseph, dokter bedah ortopedi dari Rush University Medical Center menyebut bahwa bertambahnya beban tubuh dapat memberi tekanan lebih banyak pada persendian.

"Ketika kamu berjalan seharian dengan tas punggung yang memiliki bobot 10 pon, kamu bakal merasa pegal pada punggung, pinggul, dan lutut, pada penghujung hari," terang Bush-Joseph.

"Hal ini menunjukkan dampak dari bertambahnya beban pada persendianmu," sambungnya.

3. Ubah Pola Makan

Sebenarnya tidak ada makanan super yang secara langsung dapat mengobati rasa sakit di lutut. Walau begitu, perubahan pola dan jenis makanan dapat membantu menguatkan diri dan melawan inflamasi yang dapat meredakan gejala sakit ini.

Berdasar Arthritis Foundation (AF), kamu harus mengonsumsi asam lemak omega 3 dalam bentuk ikan atau kedelai. Sayuran dan susu dapat menyediakan kalsium yang memperkuat tulang selain itu juga ada minyak zaitun, cheri, dan teh hijau yang mampu menjadi bahan anti inflamasi.

4. Lakukan Aktivitas dengan Dampak Rendah

Untuk mengurangi rasa sakit di persendian, penting bagi tubuh kita untuk selalu aktif. Namun ketika berada dalam kondisi lutut yang sakit, tentu kita bakal kesulitan untuk melakukan aktivitas fisik yang cukup berat seperti berlari dan lainnya.

Berjalan dan bersepada dapat dilakukan sebagai alternatif karena dampak rendah yang dihasilkan oleh olahraga ini. Olahraga di air seperti berenang serta taichi dapat dilakukan untuk memperkuat otot tanpa menyakiti sendi.

5. Gunakan Jenis Sepatu yang Tepat

Jika kamu mengalami nyeri di lutut dalam jangka waktu yang lama, maka sepatu yang kamu gunakan bisa jadi penyebabnya. Sebaiknya kamu menggunakan sepatu yang nyaman serta mampu menyangga kaki dengan tepat.

"High Heels tidak baik untuk lututmu, mereka juga tidak baik untuk kakimu," ujar Patience White, rheumatologis.

Lebih penting lagi, memilih jenis sepatu yang tepat ini sangat penting ketika kamu melakukan olahraga.

Lima Hal tersebut penting untuk kamu lakukan sehari-hari demi mencegah masalah lutut yang bakal muncul di kemudian hari.

Baca juga:
Sejumlah Manfaat Tak terduga dari Kebiasaan Berjalan Telanjang Kaki
Hindari Ngantuk Setelah Makan Siang, Lakukan 5 Hal Mudah Berikut Ini
Awas! Ternyata Selama Ini Banyak Dari Kita Memakai Pasta Gigi Terlalu Banyak
Langkah Penting yang harus Kamu Lakukan untuk Cegah Jerawat di Pantat
Pentingnya Menjaga Kebersihan Pusar Secara Teratur
Begini Cara Tepat Mengatasi Masalah Mata Kering yang Kamu Alami

(mdk/RWP)