5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan untuk Mencegah Timbulnya Migrain

SEHAT | 19 November 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Migrain merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap muncul dengan intensitas yang beragam. Masalah sakit kepala ini bisa sangat menusuk dan menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti mual, muntah, serta tidak sensitif pada suara dan cahaya.

Masalah kesehatan ini seringnya dipicu oleh satu atau lebih masalah lain. Terdapat beragam penyebab masalah ini seperti perubahan hormon, makanan atau minuman tertentu, stres, atau olahraga yang terlalu berat.

Masalah kesehatan ini seringnya muncul pada sebelah kepala dan juga bisa terjadi secara kronis. Migrain ini sendiri sering dipicu oleh aktivitas abnormal pada otak.

Aktivitas abnormal di otak ini bisa mengganggu komunikasi saraf otak dan juga menyebabkan ketidakseimbangan kimia yang berujung sakit kepala. Sejulam penelitian mengungkap bahwa genetik merupakan salah satu penyebab migrain.

Sejumlah hal yang kamu lakukan bisa sangat berdampak terhadap munculnya masalah migrain ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah hal yang harus kamu perhatikan untuk mencegah timbulnya migrain.

1 dari 5 halaman

Perhatikan Apa yang Kamu Makan

Migrain sebagian besar dipicu oleh makanan dan minuman. Jika kamu sering atau beberapa kali mengalami migrain, kamu bakal memahami polanya. Sejumlah makanan atau minuman tertentu yang kamu konsumsi bisa kamu ketahui memicu munculnya migrain.

2 dari 5 halaman

Kurangi Asupan Kafein

Ketika kamu mengalami migrain dan juga menyukai kopi, hal ini bisa jadi masalahmu karena kafein merupakan pemicu utama. Terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa memperburuk masalah migrain. Oleh karena itu, mengurangi asupan kafein ini bisa membantu mengatasi migrain.

3 dari 5 halaman

Cukup Tidur dan Istirahat

Kurangnya tidur dan istirahat menyebabkan tekanan pada saraf otak sehingga bisa memicu migrain. Memejamkan mata selama beberapa menit bisa membantu membuat saraf menjadi santai. Pastikan tidur secara cukup agar migrain tidak muncul.

4 dari 5 halaman

Kelola Stres

Ketika kamu mengalami migrain, sebaiknya jangan terlalu banyak berpikir atau mengalami stres. Hal ini bisa memicu munculnya migrain sehingga sebaiknya hindari munculnya stres ini. Olahraga, meditasi, atau konseling bisa membantu mengelola tingkat stres dalam dirimu.

5 dari 5 halaman

Hindari Dehidrasi

Dehidrasi bisa jadi penyebab terjadinya sakit kepala dan migrain. Memastikan asupan air dalam tubuh tetap tercukupi bisa membuat migrain ini tidak datang ke tubuhmu.

Sejumlah masalah kesehatan tersebut harus kamu perhatikan agar migrain tidak muncul kembali. Namun ketika masalah tersebut tidak kunjung hilang, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. (mdk/RWP)

Baca juga:
6 Cara Mudah yang Harus Kamu Lakukan untuk Mencegah Migrain Kambuh Kembali
5 Cara Meredakan Migrain Tanpa Menggunakan Obat
Sakit Kepala Sebelah Dapat Menyebabkan Munculnya Masalah Mata Kering
6 Makanan yang Bisa Jadi Biang Kerok Munculnya Migrain
Benarkah kegemukan bikin kamu jadi sering migrain?