5 Hal yang Jadi Penyebab Pembengkakan pada Kaki

5 Hal yang Jadi Penyebab Pembengkakan pada Kaki
SEHAT | 28 Maret 2019 00:15 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pernahkah kamu mengalami kondisi ketika kaki tiba-tiba membengkak? Sering kali kamu merasa bahwa tidak ada hal aneh yang kamu alami namun tiba-tiba kakimu tampak bengkak.

Biasanya ketika pembengkakan kaki ini tidak terlalu besar, kamu tak bakal mengalami masalah besar dan harus berkonsultasi ke dokter. Namun pada kondisi tertentu, kamu harus mengobati pembengkakan ini ke dokter.

"Laporkan gejalamu ke dokter bila terdapat banyak pembengkakan yang meninggalkan bekas ketika kamu menekannya, atau bila hal tersebut muncul secara tiba-tiba, bertahan hingga beberapa hari, hanya terjadi pada salah satu kaki, atau jika disertai sakit atau perubahan warna di kaki," jelas Dr. James Ioli dari Harvard-affiliated Brigham dan Women's Hospital.

Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah masalah yang jadi penyebab munculnya bengkak di kaki.

1. Kurang Gerak

Bergerak merupakan salah satu hal yang penting terhadap kesehatan tubuh sehari-hari. Kekurangan gerak baik karena kamu terlalu banyak duduk atau berdiri dapat berakibat buruk pada kaki.

Duduk terlalu lama dapat mengurangi aliran darah pada bagian tersebut sehingga menyebabkan pembengkakan. Berdiri terlalu lama juga dapat membuat otot di kaki mengalami aliran darah yang melambat.

2. Hamil

Tubuh bakal memproduksi cairan 50 persen lebih banyak dibanding biasa ketika tengah hamil. Pada trimester ketiga, beban dari uterus dapat menimbulkan tekanan lebih dan menyebabkan retensi cairan di kaki.

Pembengkakan yang disebabkan oleh kehamilan ini tergolong normal dan bakal menghilang usai melahirkan. Namun jika hal ini terasa mengganggu, kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengatasinya.

3. Gumpalan Darah

Jika pembengkakan ini terjadi hanya pada satu kaku, kemungkinan kamu tengah mengalami pembengkakan darah. pada hal ini, pembengkakan mungkin juga disertai oleh gejala lain seperti kaki yang jadi memerah dan menghangat.

"Ketika gumpalan terjadi pada pembuluh darah, gumpalan ini dapat lepas dan terbawa hingga jantung dan menempel pada jantung atau paru-paru," ujar Thomas Maldonaldo dari NYU Langone Medical Center.

4. Efek Pengobatan Tertentu

Pembengkakan di lutut atau kaki dapat terjadi sebagai efek samping pengobatan tertentu. Beberapa pengobatan diabetes, antidepresan, pengobatan hipertensi, serta berbagai obat lainnya bisa menyebabkan hal ini.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus segera berkonsultasi ke dokter. Perlu dilakukan perubahan jenis obat maupun dosis pengobatan untuk mengatasi pembengkakan ini.

5. Masalah Organ Dalam

Masalah yang terjadi pada fungsi sejumlah organ penting, aliran darah dapat mengalami masalah pada pembuluh dan saraf. Pada masalah serius, hal ini dapat menjadi gejala umum terjadinya gagal jantung, penyakit ginjal, atau penyakit liver.

Pada kasus ini, pembengkakan tak hanya terjadi pada kaki namun juga pada tangan dan kaki. Pemeriksaan tubuh secara menyeluruh penting untuk memecahkan masalah ini serta mencari jalan keluar dari masalah ini. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Langkah Sederhana untuk Mengatasi Pembengkakan Ketika Hamil
5 Bahaya yang akan terjadi kala kamu pakai kaus kaki terlalu ketat
8 Penyakit ini tunjukkan gejalanya lewat perubahan di kaki
Jangan panik, 7 hal ini jadi alasan kaki tiba-tiba bengkak
Atasi bengkak di kaki dengan 5 cara alami ini

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami