5 Hal yang Menyebabkan Suaramu Berubah Menjadi Serak

SEHAT | 12 November 2019 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu masalah tenggorokan yang rentan kamu alami adalah terjadinya perubahan suara. Masalah yang umum terjadi adalah berubahnya suara menjadi serak atau parau.

Berubahnya suara menjadi serak ini bisa sangat mempengaruhi rasa percaya diri dan penampilanmu. Hal ini bisa membuat kamu kurang percaya diri dan segan untuk mengeluarkan suara.

Masalah perubahan suara menjadi serak atau parau ini bisa disebabkan karena berbagai hal. Masalah ini juga bisa jadi tanda adanya kondisi kesehatan tertentu yang tengah kamu alami.

Beberapa penyebab terjadinya suara serak ini bisa ditimbulkan oleh masalah kesehatan sehari-hari. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa menyebabkan suaramu berubah menjadi serak.

1 dari 5 halaman

Demam

Ketika berbicara, terjadi getaran dari dua pita suara sehingga munculnya suara. Demam bisa membuat pita suara membengkak sehingga getarannya terpengaruh sehingga suara berubah. Untuk mengembalikan suaramu, sebaiknya minum banyak air dan obat flu karena mampu mengurangi peradangan di tenggorokan.

2 dari 5 halaman

Berlebihan Menggunakan Suara

Penggunakan tenggorokan dan otot mulut secara berlebihan bisa menyebabkan kelelahan atau cedera. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya perubahan pada suara. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaanmu bernyanyi atau karena berbicara terlalu banyak sehingga sebaiknya dibatasi.

3 dari 5 halaman

Merokok

Kebiasaanmu merokok merupakan salah satu penyebab terjadinya perubahan suara menjadi serak. Asap rokok bisa menyebabkan iritasi pada pita suara. Merokok juga bisa berujung tumbuhnya jaringan non-kanker di sekitar pita suara yang bisa membuat suaramu berubah dan kesulitan bernapas.

4 dari 5 halaman

Reaksi Alergi

Seperti hidung berair, mata gatal, dan bersin bekali-kali, bengkaknya pita suara merupakan gejala umum dari reaksi alergi. Produksi lendir yang berlebih bisa masuk ke tenggorokan dan berdampak pada pita suara. Bahkan obat untuk mengatasi alergi juga bisa membuat tenggorokan menjadi kering dan melukai pita suara.

5 dari 5 halaman

Asam Lambung

Asam lambung bisa naik dan mengganggu hingga ke dalam kerongkokan. Keberadaan asam lambung bisa menyebabkan peradangan pada kota suara, pita suara, dan ternggorokan yang berujung pada suara serak dan bersin.

Sejumlah hal tersebut bisa jadi penyebab terjadinya suara serak atau parau yang kamu alami. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya jada kesehatan atau juga minum air putih dalam jumlah cukup. (mdk/RWP)

Baca juga:
11 Cara Alami untuk Mengatasi Suara Serak atau Hilang yang Mungkin Kamu Alami
Radang Tenggorokan yang Tak Kunjung Sembuh Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung Rematik
5 Hal yang Secara Alami Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan
5 Makanan alami untuk sembuhkan penyakit radang tenggorokan
5 Bahan alami untuk legakan tenggorokan karena sakit flu