5 Hal yang Penting Diketahui Terkait Menurunnya Nafsu Makan Seiring Usia

5 Hal yang Penting Diketahui Terkait Menurunnya Nafsu Makan Seiring Usia
Ilustrasi orang tua. ©shutterstock.com/Dmitriy Shironosov
SEHAT | 3 Desember 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Makanan memainkan peranan yang sangat besar dalam kehidupan kita. Hal ini tidak hanya sekadar berkaitan dengan nutrisi namun juga pada kebahagiaan hidup atau makna simbolis kehidupan.

Makanan memiliki peran sosial dalam mempererat hubungan dengan seseorang. Beberapa makanan juga bisa menjadi tanda dari prosesi atau hal-hal tertentu yang terjadi pada diri seseorang.

Seiring bertambahnya usia terutama pada manula, kegembiraan dalam mengonsumsi makanan ini bisa berkurang. Hal ini juga bisa berdampak pada munculnya masalah malnutrisi pada diri mereka.

Malnutrisi pada manula bisa berdampak memunculkan masalah kesehatan serta memperburuk beberapa kondisi lain. Kurang makan juga bisa menyebabkan rasa lemah dan melayang sehingga lebih rentan terjatuh. Kurangnya nutrisi pada orang tua bisa memperlambat pemulihan luka, memunculkan kelelahan serta depresi.

Penting disadari bahwa ketika seseorang bertambah tua, kemampuan dan keinginan mereka untuk makan akan semakin berkurang. Hal ini bisa disebabkan karena sejumlah hal yang terjadi di dalam tubuh. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah hal yang penting diketahui terkait menurunnya nafsu makan pada manula.

2 dari 6 halaman

Masalah Gigi

Pemeriksaan gigi secara rutin merupakan hal yang semakin penting dilakukan terutama seiring bertambahnya usia. Kesehatan gigi dan mulut yang baik sangat penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebuah penelitian menemukan hubungan antara asupan makan pada orangtua dan kesehatan mulut mereka. Masalah gigi yang terjadi pada manula bisa menyebabkan menurunnya nafsu makan ini.

Pada saat seseorang sudah memasuki usia lansia, masalah gigi memang sangat kerap dialami. Hal ini bisa berupa menghilangnya kekuatan gigi atau copotnya gigi.

3 dari 6 halaman

Kurangnya Selera Makan

makan rev1

Seiring pertambahan usia seseorang, perubahan terhadap rasa kenyang berubah dibanding pada saat muda. Kurangnya aktivitas fisik serta obat-obatan yang dikonsumsi menjadi penyebab terjadinya hal ini.

Hal ini kerap kita sadari berupa menurunnya porsi makan seseorangh ketika usia bertambah. Walau kerap dianggap normal, tapi hal ini bisa berdampak pada kesehatan.

Masalah menurunnya selera makan ini tidak bisa dianggap sepele terutama jika disebabkan oleh obat yang dikonsumsi. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah ini agar tidak semakin memburuk.

4 dari 6 halaman

Perubahan Selera

Kita semua paham bahwa agar bisa tetap hidup, kita semua perlu untuk makan. Namun kesenangan dan kenyamanan ketika makan juga merupakan hal yang penting.

Perubahan selera yang terjadi seiring bertambahnya usia menyebabkan makan menjadi tidak terlalu menyenangkan dan menggembirakan seperti sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengganti menu makanan terlalu sering terutama pada mereka yang sudah lanjut usia.

Tren makanan memang cenderung berubah terus setiap tahun. Sayangnya, hal ini bisa membuat banyak lansia tidak bisa lagi menikmati makanan-makanan yang mereka sukai.

5 dari 6 halaman

Pentingnya Eksperimen dengan Rasa

dengan rasa

Walau perubahan makanan sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering dan mendadak, namun eksperimen terhadap makanan juga penting dilakukan. Hal ini bisa berupa menambah rempah atau rasa pada makanan.

Caaa memasak juga penting untuk disesuaikan untuk menimbulkan kondisi rasa dan tekstur yang berbeda. Perubahan ini bisa sangat membantu dalam meningkatkan selera makan seiring bertambahnya usia.

Pada banyak orang tua, sayangnya keinginan mencoba makanan baru ini sangat jarang dilakukan. Walau begitu, cara ini bisa dicoba dan dilakukan. 

6 dari 6 halaman

Keterbatasan Fisik

Masalah keterbatasn fisik bisa menjadi penghambat kenikmatan makan pada manula. Kondisi ini kadang kala membuat manula mengalami kesulitan untuk memasak atau bahkan mengonsumsi makanan yang dia senangi.

Hal ini seberanya bisa diatasi dengan cara membantu memasakkan manula. Selain itu, penggunaan jasa katering juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Kesulitan menelan juga merupakan salah satu masalah yang banyak ditakuti manula. Oleh karena itu, pastikan tidak makan berlebihan agar tidak menimbulkan masalah.

Sejumlah hal tersebut penting untuk diketahui terkait pola makan manula. Dengan mengatasi segala masalah dan keterbatasn ini, manula bisa mengonsumsi makanan dengan tenang sesuai kebutuhan nutrisi mereka dan terhindar dari masalah di kemudian hari. (mdk/RWP)

Baca juga:
Konsumsi Meniran, Kunyit dan Daun Kelor untuk Perkuat Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi
4 Tanda yang Ditunjukkan Bayi ketika Mulai Siap Mengonsumsi MPASI
6 Makanan Sehat yang Bisa Berdampak Buruk ketika Dikonsumsi Berlebihan
5 Minuman Sarapan Terbaik bagi Kamu yang Sedang Diet
Kebiasaan Makan Sendirian pada Wanita Lansia Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung
3 Cara Mencegah Rasa Terbakar di Pantat Usai Konsumsi Makanan Pedas

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami