5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui untuk Meredakan Masalah Infeksi Telinga

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui untuk Meredakan Masalah Infeksi Telinga
Ilustrasi telinga sakit. ©2012 Shutterstock/Aaron Amat
SEHAT | 4 Desember 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk aktivitas sehari-hari. Selain berhubungan dengan pendengaran, bagian tubuh ini juga sangat penting bagi keseimbangan.

Masalah ini bisa dialami oleh siapa pun baik anak-anak maupun orang tua. Salah satu masalah infeksi telinga yang paling sering terjadi adalah otitis media. Infeksi ini membuat telinga tengah membengkak dan menyebabkan rasa sakit.

Terjadinya infeksi telinga ini bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Namun masalah yang paling sering terjadi adalah akibat kebiasaan buruk dalam menjaga kesehatan dan kondisi telinga.

Mengingat hal ini bisa terjadi karena tindakanmu sehari-hari, maka perlu ada sejumlah hal yang perlu kamu ketahui. Dilansir dari Boldsky, ketika kamu mengalami infeksi telinga, sebaiknya ada sejumlah hal yang harus dan tak boleh kamu lakukan.

1. Gunakan Heating Pad

Heating pad atau bantalan yang bisa menghangatkan mampu mengobati bengkak karena infeksi telinga. Gunakan alat ini ketika kamu mengalami rasa tak nyama dengan infeksi yang terjadi.

2 dari 3 halaman

Hindari Menggunakan Headphone dan Perbanyak Istirahat

headphone dan perbanyak istirahat rev2

2. Hindari Menggunakan Headphone

Penggunaan headphone serta earphone ketika telingan sedang sakit bisa memperparah infeksi telinga yang kamu alami. Hal ini bisa semakin buruk terutama ketika kamu menyalakannya dalam volume yang terlalu keras.

3. Perbanyak Istirahat

Ketika sedang mengalami infeksi telinga, sebaiknya perbanyak istirahat dan hindari terjadinya stres. Kondisi saraf yang menegang bisa memperparah masalah kesehatanmu sehingga hindari berbagai aktivitas berat.

3 dari 3 halaman

Hindari Berenang dan Gunakan Obat

dan gunakan obat rev1

4. Hindari Berenang

Berenang merupakan salah satu hal yang harus kamu hindari ketika mengalami infeksi telinga. Ketika berengan ada kemungkinan masuknya air atau juga bakteri yang bisa memperparah infeksi telinga yang kamu alami.

5. Konsumsi Obat

Penggunaan salep eksternal merupakan salah satu cara untuk meringankan infeksi telinga. Selai itu, kamu juga bisa mengonsumsi sejumlah obat minum untuk mengatasi masalah ini.

Masalah telinga yang kamu alami ini bisa menyebabkan munculnya rasa tak nyaman ketika beraktivitas. Selesaikan masalah ini secepatnya untuk mencegah munculnya masalah kesehatan yang lebih serius. (mdk/RWP)

Baca juga:
4 Masalah Kesehatan Akibat Infeksi yang Mungkin Terjadi pada Telinga
Kenali Penyebab serta Cara Mengatasi Munculnya Jerawat di Telinga
Jangan Sembarangan! Hindari Membersihkan Telinga Bayi secara Mandiri
Awasi Bahaya yang Bisa Muncul dari Penggunaan Earphone Terlalu Lama
5 Hal yang Menyebabkan Munculnya Bau Tak Sedap pada Bagian Belakang Telinga

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami