5 Hal yang Secara Alami Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan

SEHAT | 24 September 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Radang tenggorokan merupakan salah satu masalah yang bisa dialami banyak orang. Hal ini biasanya menjadi gejala awal dari demam yang akan muncul atau masalah kesehatan lain.

Hal ini bisa menyebabkan munculnya rasa sakit, gatal, kering, dan iritasi di tenggorokan sebagai gejalanya. Ketik dalam kondisi ini, kamu juga bakal kesulitan untuk menelan baik makanan maupun minuman.

Radang yang muncul di tenggorokan ini bisa menghilang seiring waktu. Namun, ada kalanya butuh mengonsumsi obat-obatan untuk mengusir rasa sakit di tenggorokan ini.

Rasa sakit di tenggorokan yang muncul ini juga bisa diredakan dan dienyahkan dengan sejumlah cara alami. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah hal alami yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

1 dari 5 halaman

Kumur dengan Air Garam

Untuk menurunkan rasa tak nyaman di tenggorokan, kamu dapat berkumur menggunakan air garam yang hangat. Adanya garam dalam air ini bisa menghilangkan lendir dari jaringan yang mengalami radang serta melegakannya. Gunakan garam sebanyak setengah sendok teh pada 100 gram air.

2 dari 5 halaman

Konsumsi Madu

Kamu bisa mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurnya di dalam teh. Madu ini dapat mengurangi rasa kering dan mengobati tenggorokan yang kurang terlubrikasi. Konsumsi madu ini juga bisa melegakan tenggorokan dari iritasi yang terjadi.

3 dari 5 halaman

Minum Banyak Air

Kurangnya air di dalam tubuh bisa menyebabkan produksi air liur dan lendir berkurang bahkan berhenti. Masalah yang terjadi ini bisa menyebabkan radang menjadi memburuk. Jangan ganti air putih dengan teh atau kopi karena bisa membuat kondisi tenggorokan memburuk.

4 dari 5 halaman

Isap Permen pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan yang biasa dijual mengandung menthol yang bisa meredakan masalah tenggorokan dan melegakannya secara seketika. Permen ini juga meningkatkan produksi air liur yang membantu melubrikasi tenggorokan.

5 dari 5 halaman

Gunakan Bantal Tambahan

Tidur dengan bantal tambahan di kepala bisa mencegah kamu dari bernapas melalui mulut saat bernapas dalam tidur. Ketika kamu bernapas melalui mulut, meningkat kemungkinan mulutmu menjadi kering. Hal ini juga bisa meningkatkan peradangan yang kamu alami.

Sejumlah hal ini bisa kamu lakukan secara mudah dan sederhana. Hal ini bisa membuat masalah tenggorokan yang kamu alami sirna dengan mudah. (mdk/RWP)

Baca juga:
Penyebab Mengapa Bayi Menjadi Rewel Saat Diletakkan di Boks dan Cara Mengatasinya
3 Tanda yang Muncul Tanpa Disadari Ketika Tubuhmu Mengalami Masalah Kebugaran
Menurut Ahli, Begini Cara Tepat Mengatasi Mata Kering
8 Tips Bercukur yang Harus Diterapkan Demi Hasil Maksimal dan Kulit yang Sehat
Begini 5 Kunci yang Bisa Diterapkan untuk Mengatasi Obesitas Anak