5 Kebiasaan saat Makan yang Perlu Kamu Lakukan Jika Ingin Mengecilkan Perut

5 Kebiasaan saat Makan yang Perlu Kamu Lakukan Jika Ingin Mengecilkan Perut
Ilustrasi diet. ©Shutterstock/Indigo Fish
SEHAT | 4 Juni 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Lemak perut merupakan salah satu jenis lemak yang mengganggu dan perlu kita hilangkan. Lemak ini tidak hanya berdampak buruk pada penampilan, namun juga pada kesehatan.

Timbunan lemak di perut ini bisa menjadi penyebab meningkatnya sejumlah risiko masalah kesehatan. Oleh karena itu, sebisa mungkin hilangkan lemak menumpuk di bagian ini.

Lemak di perut ini dikenal sebagai lemak visceral. Lemak ini menumpuk dan berkumpul di sekitar organ dalam sehingga meningkatkan risiko diabetes, masalah jantung, dan lain sebagainya.

Seiring bertambahnya usia, lemak di perut ini juga semakin bertambah sehingga meningkatkan risikomu mengalami masalah kesehatan. gaya hidup yang tepat bisa menjadi cara untuk mengatasi timbunan lemak ini.

Aktif berolahraga terutama yang mampu membakar lemak perut merupakan hal yang bisa dilakukan. Walau begitu, penting juga untuk membarenginya dengan berolahraga untuk bisa membakar lemak ini secara sempurna.

Sejumlah pola makan bisa kamu terapkan untuk membantu lebih cepat dalam membakar timbunan lemak ini. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah kebiasaan yang bisa kamu terapkan untuk membantu membakar timbunan lemak di perut.

1. Batasi Konsumsi Gula

Konsumsi gula berlebih bisa berujung menumpuknya lemak yang tidak diinginkan di perut seiring bertambahnya usia. Cara terbaik untuk mengurangi lemak perut ini adalah dengan membatasi asupan gula. Pasalnya, gula dan pemanis buatan bisa meningkatkan munculnya lemak perut pada orang dewasa.

2 dari 3 halaman

Hitung Kalori dan Konsumsi Sebelum Makan Malam

2. Hitung Kalori pada Makanan

Mengetahui jumlah kalori pada makanan yang kamu konsumsi merupakan hal yang penting dilakukan. Pada saat kamu hendak membakar lemak di perut, penting untuk menghitung dan mengetahui seberapa banyak kalori yang kamu konsumsi. Hal ini bisa membantu dalam mengetahui apakah kamu makan berlebih hingga berdampak pada menumpuknya lemak di perut.

3. Konsumsi Kalori Sebelum Jam Makan Malam

Pada malam hari, kita memiliki kecenderungan untuk tidak menghitung asupan kalori yang kita konsumsi. Hal ini bisa berdampak buruk pada upaya kita untuk membakar lemak menumpuk di perut ini.

Insulin, hormon yang berfungsi dalam menransfer glukosa untuk menjadi energi, bekerja lebih efektif pada siang hari. Oleh karena itu, jika kamu makan cukup banyak kalori di malam hari, besar kemungkinan bahwa makanan ini akan menumpuk menjadi lemak di perutmu.

3 dari 3 halaman

Konsumsi Makanan yang Lebih Sehat

yang lebih sehat

4. Sarapan Makanan Sehat

Semakin bertambahnya usia, sebaiknya kamu tidak melewatkan sarapan. Sarapan merupakan waktu makan terpenting untuk memenuhi kebutuhan tubuh sepanjang hari. Untuk membuatnya lebih sehat, pastikan untuk konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi pada saat sarapan.

5. Konsumsi Makanan Alami

Makanan olahan merupakan jenis makanan yang perlu dihindari pada saat kamu berusaha membakar lemak perut. Konsumsi makanan alami seperti buah, daging, dan sayur yang masih segar sangat disarankan demi kesehatan dan kebugaran.

Pilih makanan seperti berri-berrian, saturan hijau, oatmeal, protein, dan almond bisa sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Sejumlah perubahan kebiasaan makan tersebut bisa kamu terapkan untuk membakar lemak perut lebih cepat.

(mdk/RWP)

Baca juga:
Sering Dipikir Sehat, 5 Cemilan Ini Sebaiknya Dihindari ketika Diet
5 Cara Hindari Obesitas dan Jaga Berat Badan Ideal
9 Tips Bersepeda untuk Menurunkan Berat Badan dengan Menyenangkan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini