5 Kesalahan yang Membuat Teh Kehilangan Kandungan Sehatnya

5 Kesalahan yang Membuat Teh Kehilangan Kandungan Sehatnya
Ilustrasi teh. © FoodAndTraditions.com
SEHAT | 7 Desember 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu minuman sehat dengan rasa lezat yang disukai banyak orang adalah teh. Hampir semua bangsa dan kebudayaan memiliki kebiasaan mengonsumsi teh dan memiliki varian yang berbeda satu sama lain.

Terdapat sejumlah manfaat sehat yang bisa kita peroleh dari konsumsi teh secara rutin. Kandungan anti oksidan serta manfaat dalam menurunkan berat badan bisa menjadikan teh sebagai minuman yang tepat.

Walau begitu, konsumsi teh yang sesungguhnya sehat bisa kehilangan manfaatnya jika tak hati-hati. Kesalahan yang kerap kita lakukan bisa membuat teh jadi tak sehat.

Sayangnya, sejumlah kesalahan yang membuat teh jadi tak lagi menyehatkan ini kerap dilakukan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Dilansir dari Eat This, berikut sejumlah kesalahan yang kerap membuat teh kehilangan kandungan sehatnya.

1. Terlalu Banyak Gula

Salam satu kebiasaan banyak orang adalah mengonsumsi teh manis dengan kandungan gula yang banyak. Menambah terlalu banyak gula pada teh ternyata bisa berdampak buruk terutama jika dikonsumsi terus-menerus. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan kandungan sehatnya, sangat disarankan mengonsumsi teh dalam kondisi tawar.

2 dari 3 halaman

Terlalu Banyak Pemanis Buatan, Krimer, dan Susu

2. Terlalu Banyak Pemanis Buatan

Sama seperti gula, penggunaan pemanis buatan ketika terlalu banyak bisa berdampak buruk. Walau menggunakan pemanis rendah kalori, namun dampak buruk tetap bisa dialami seseorang ketika mengonsumsi pemanis buatan dalam jumlah banyak.

3. Terlalu Banyak Krimer dan Susu

Hal lain yang kerap ditambahi ke dalam teh adalah krimer dan susu. Sama seperti konsumsi terlalu banyak gula, krimer dan susu yang terlalu banyak juga bisa berdampak buruk. Pasalnya, ketika mengonsumsinya dalam jumlah besar, kandungan kalori di dalamnya bisa terlalu banyak masuk ke dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

Minum Teh Kemasan dan Terlalu Lama Menyeduh

4. Minum Teh Kemasan

Minum es teh dalam kemasan botol pada kondisi cuaca yang sedang panas-panasnya memang menjadi hal yang menyegarkan. Sayangnya tidak semua teh kemasan memiliki manfaat sehat yang sama. Hal ini terutama karena kandungan gula yang umumnya cukup tinggi pada teh kemasan ini.

5. Menyeduh Terlalu Lama

Pada saat kamu membuat teh, pastikan untuk menyeduhnya dalam waktu yang tepat dan temperatur yang tepat. Menyeduh teh terlalu lama bisa membuat kandungan kafein di dalam minumanmu jadi terlalu tinggi.

Ketika kamu mengonsumsi teh dengan kandungan tinggi kafein, bisa jadi dampak buruk yang kamu alami. Oleh karena itu, pastikan untuk minum teh dengan tepat agar kamu tidak kehilangan manfaat sehatnya. (mdk/RWP)

Baca juga:
Konsumsi Meniran, Kunyit dan Daun Kelor untuk Perkuat Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi
4 Tanda yang Ditunjukkan Bayi ketika Mulai Siap Mengonsumsi MPASI
6 Makanan Sehat yang Bisa Berdampak Buruk ketika Dikonsumsi Berlebihan
5 Minuman Sarapan Terbaik bagi Kamu yang Sedang Diet
Kebiasaan Makan Sendirian pada Wanita Lansia Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung
3 Cara Mencegah Rasa Terbakar di Pantat Usai Konsumsi Makanan Pedas

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami