5 Kondisi Kesehatan yang Bisa Memunculkan Sakit Gigi

SEHAT | 13 September 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Saking menyiksanya, rasa sakit yang dialami ketika mengalami sakit gigi sering dibandingkan dengan sakit hati. Hal ini menunjukkan betapa mengganggunya rasa sakit yang muncul ini.

Ketika seseorang tengah mengalami sakit gigi, semua hal bisa terasa sangat mengganggu. Berbagai kegiatan yang dilakukan juga bisa jadi sangat tidak nyaman karena rasa sakit yang muncul ini.

Rasa sakit ini bahkan bisa semakin parah ketika kamu makan atau minum sesuatu terutama yang dingin. Pada makanan yang sedikit keras, mengunyah makanan juga bisa menjadi sangat menyebalkan.

Ketika sakit gigi, rasa nyeri yang muncul ini biasanya disebabkan oleh lubang pada gigi.Walau begitu, dilansir dari Men's Health, Dr. Michael Ray, DDS, MPH dari Oral Surgery Associates of North Texas, Amerika Serikat menyebut bahwa hal ini mungkin terjadi karena masalah kesehatan lain.

Banyak orang yang tak menyangka bahwa sakit gigi yang terjadi ini bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang dialami seseorang. Dilansir dari Men's Health, berikut sejumlah masalah kesehatan yang mungkin menyebabkan seseorang mengalami sakit gigi.

1 dari 5 halaman

Gigi Retak

Rasa sakit yang dalam ketika mengunyah dapat menjadi tanda adanya keretakan pada gigi.

"Keretakan pada gigi, walau tak bisa dilihat dengan mata telanjang, mungkin menyebabkan rasa sakit yang signifikan," terang Ray.

Menentukan apakah rasa nyeri ini disebabkan oleh keretakan gigi bisa cukup sulit untuk dideteksi. Walau begitu, salah satu tanda dari hal ini adalah ketika gigi sakit saat makan.

Mengunyah es batu, mengikir gigi, atau kebiasaan menggigit tutup pulpen bisa meningkatkan risiko gigi retak. Walau begitu, tak ada cara yang benar-benar tepat untuk menghindari keretakan gigi ini.

2 dari 5 halaman

Gigi Sensitif

Gigi sensitif ini bisa ditandai dengan munculnya rasa tak nyaman ketika minum teh atau memakan es krim. Hal ini terjadi ketika akar gigi menjadi terbuka karena kerusakan gigi, kendornya gigi, atau gusi yang surut.

Jika mengalami masalah ini, sebaiknya segera temui dokter gigi atau ganti pasta gigi dengan kandungan yang cocok untuk gigi sensitif. Pilih sikat gigi dengan kepala lembut serta gosok perlahan.

3 dari 5 halaman

Infeksi Mulut

Rasa sakit pada gigi mungkin juga muncul karena karang gigi yang tak ditangani dan berkembang menjadi infeksi akut. Hal ini terjadi ketika gigi berlubang sudah mempengaruhi saraf di gigi.

Tanda dari terjadinya infeksi ini bisa berupa pembengkakan di gusi serta munculnya nanah. Ketika mengalami gigi berlubang, sebaiknya segera ke dokter untuk mengatasinya.

4 dari 5 halaman

Infeksi Sinus

Jika kamu tidak pernah mengalami sejumlah masalah di atas namun gig0mu sakit, mungkin saja ini disebabkan oleh hal lain. Infeksi sinus bisa menjadi penyebab dari munculnya rasa sakit ini terutama pada bagian belakang mulut.

"Ujung gigi merupakan makhluk hidup dengan saraf di dalamnya," terang Ray.

"Secara kedekatan, mereka (gigi) sangat dekat dengan sinus," sambungnya.

Cabang saraf di gigi memiliki jalur yang sama dengan di sinus. Hal ini menyebabkan rasa sakit di satu bagian bisa menyebabkan sakit di bagian lainnya.

5 dari 5 halaman

Penyakit Autoimun

Walau jarang terjadi, sejumlah penyakit bisa mempengaruhi kesehatan mulut. Sejumlah kondisi kesehatan yang menyebabkan ruam atau kulit melepuh di kulit dan selaput lendir yang mungkin menyebabkan sakit di mulut.

"Seringnya hal ini menyakitkan karena menyebabkan gusi dan barisan gigi menjadi dikesampingkan," terang Ray.

Sejumlah penyakit tersebut bisa menyebabkan munculnya sakit gigi. Namun bisa juga hal ini disebabkan oleh makanan yang terselip di antara gigimu.

Jika rasa sakit yang kamu alami berlanjut panjang, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Pasalnya, rasa sakit yang dialami bakal lebih menyiksa jika tak kunjung diobati. (mdk/RWP)

Baca juga:
4 Makanan yang Bisa Menyebabkan Munculnya Gigi Berlubang
Tak Hanya Secara Kesehatan, Gigi Berlubang pada Anak Bisa Sebabkan Masalah Psikologis
4 Tips Agar Dapat Tidur Usai Jalani Operasi Gigi Bungsu
Gaya Hidup Serba Cepat Milenial Menyebabkan Munculnya Masalah Gigi Sensitif
Tak Hanya Pada Ginjal, Minuman Bersoda Juga Munculkan Sejumlah Masalah Ini pada Gigi
Pentingkah Melakukan Tindakan Radiologi pada Gigi?