5 Makanan Kaya Nutrisi yang Perlu Dikonsumsi Ibu Baru Melahirkan

5 Makanan Kaya Nutrisi yang Perlu Dikonsumsi Ibu Baru Melahirkan
Ilustrasi ibu menyusui. ©iStock
SEHAT | 27 Oktober 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Tidak hanya ketika hamil saja, setelah melahirkan, wanita juga perlu memperhatikan makanan yang mereka konsumsi. Menjaga asupan makanan dan nutrisi yang tepat merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Keseimbangan nutrisi yang tepat sangat penting bagi semua orang termasuk pada ibu yang baru melahirkan. Asupan yang tepat ini juga bisa membantu mereka dalam menyusui anak.

Asupan nutrisi yang tepat juga bisa membantu ibu yang baru melahirkan tetap sehat dan kembali pada kondisi optimal mereka. Oleh karena itu, pilihan makanan ini merupakan hal yang tidak boleh dikesampingkan.

Terdapat sejumlah makanan yang perlu dikonsumsi ibu baru melahirkan dengan jumlah tepat untuk memperoleh kesehatan yang optimal. Dilansir dari Shine!, berikut sejumlah makanan yang penting dikonsumsi oleh ibu baru melahirkan.

2 dari 6 halaman

Sereal

5 makanan kaya nutrisi yang perlu dikonsumsi ibu baru melahirkan

Sereal merupakan makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan dan bisa mencegah terjadinya konstipasi. Masalah ini pada umumnya dialami oleh ibu yang baru melahirkan karena melambatnya pencernaan akibat hormon menyusui.

Disarankan untuk mengonsumsi sereal bersama dengan yogurt. Selain memiliki kandungan kalsium yang kaya, yogurt juga mengandung probiotik yang membantu melancarkan proses pencernaan.

3 dari 6 halaman

Telur

5 makanan kaya nutrisi yang perlu dikonsumsi ibu baru melahirkan

Konsumsi telur bisa membantu ibu baru melahirkan memastikan jumlah asupan kalori yang tepat. Sebutir telur mengandung lima sampai enam gram protein sehingga bisa membuatmu merasa lebih cepat kenyang

Telur juga merupakan sumber alami kolin, nutrisi penting yang digunakan membangun pusat memori pada otak bayi. Seperti nutrisi lain, kolin juga bisa dikonsumsi bayi melalui air susu.

4 dari 6 halaman

Daging

5 makanan kaya nutrisi yang perlu dikonsumsi ibu baru melahirkan

daging sapi merupakan makanan yang kaya dengan kandungan zat besi dan mineral yang bisa membantu menambah energi dan memproduksi air susut. Hal ini terutama bisa kamu peroleh pada bagian daging yang memiliki sedikit lemak.

Disarankan untuk mengonsumsi daging panggang yang disertai sayuran. Selain daging sapi, daging ayam juga bisa jadi pilihan untuk kamu konsumsi.

5 dari 6 halaman

Salmon

5 makanan kaya nutrisi yang perlu dikonsumsi ibu baru melahirkan

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bagus untuk jantung. Makanan ini juga bisa membantu perkembangan otak bayi ketika dikonsumsi oleh ibu yang menyusui.

Usahakan untuk memilih ikan salmon dengan kandungan merkuri yang rendah. Untuk mendapat manfaat ini, kamu tak perlu mengonsumsinya setiap hari dan cukup satu atau dua kali seminggu saja.

6 dari 6 halaman

Bayam

5 makanan kaya nutrisi yang perlu dikonsumsi ibu baru melahirkan

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan asam folat dan kolagen yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut merupakan hal yang penting dikonsumsi oleh ibu baru melahirkan.

Kolagen diperlukan untuk mempercepat penyembuhan terutama setelah operasi caesar. Sedangkan asam folat penting sebagai pengganti darah yang keluar setelah ibu hamil melahirkan.

Sejumlah makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan makanan tersebut dengan takaran yang tepat. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh di Balik Rasa Manis dan Asam Kedondong
Hendak Kurangi Risiko Penyakit Jantung, Ketahui Rekomendasi Pola Makan Sehat
Kenali 3 Bentuk Malanutrisi yang Rentan Dialami Pasien Kanker Anak
10 Makanan yang Tidak Boleh Dipanasi Menggunakan Microwave
Kurang Gizi dan Anemia Pada Remaja Perempuan Bisa Sebabkan Masalah pada Keturunan
Cara Mudah Kurangi Asupan Gula, Garam, dan Lemak Menurut Pakar Gizi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami