5 Makanan yang Bisa Membantu Kadar Asam Urat Tetap dalam Batas Aman

5 Makanan yang Bisa Membantu Kadar Asam Urat Tetap dalam Batas Aman
SEHAT | 22 Oktober 2019 00:31 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Asam urat selalu disangka orang banyak sebagai penyakit, padahal hal ini merupakan kandungan alami yang dimiliki oleh tubuh. Asam urat ini muncul dari dicernanya kandungan bernama purin di dalam tubuh.

Purin ini berasal dari makanan tertentu seperti daging dan polong-polongan. Senyawa ini juga dibentuk oleh tubuh secara alami untuk kemudian dicerna kembali. Keluarnya asam urat dari tubuh ini dilakukan melalui mekanisme alami melalui ginjal dan air seni.

Ketika purin dalam jumlah besar di dalam tubuh tidak dicerna dan keluar, level asam urat dalam darah bakal meningkat. Hal ini bisa berujung radang dan nyeri sendi serta membuat kadar darah dan urin di dalam diri terlalu berasam.

Terdapat sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab adanya masalah asam urat ini. Beberapa alasan utama masalah ini meliputi gen, pola makan, stres, serta obesitas. Sejumlah penyakit serta obat yang kamu konsumsi juga bisa jadi penyebab tingginya asam urat.

Untuk mengatasi masalah ini, terdapat sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengontrol kadar asam urat. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah makanan yang bisa jaga kadar asam urat milikmu tetap aman.

Baca Selanjutnya: Apel...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami