5 Makanan yang Memiliki Manfaat Luar Biasa Meningkatkan Kualitas Darah

SEHAT | 22 November 2019 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Darah merupakan salah satu hal yang penting dalam tubuh manusia. Dalam peredaran darah, terdapat oksigen serta sejumlah hal lain yang dibawa masuk ke dalam tubuh.

Ketika darah dalam kualitas baik dan alirannya juga baik, maka tubuhmu berada dalam kondisi baik dan optimal. Namun jika hal sebaliknya yang terjadi, maka kondisi tubuhmu juga tidak baik-baik saja.

Makanan yang kamu konsumsi bisa sangat mempengaruhi kualitas darah yang mengalir di tubuhmu. Hal ini juga memiliki efek langsung terhadap pembuluh darah dan jantung.

Konsumsi makanan sehat yang kamu lakukan bisa berdampak sangat baik pada darah dan kesehatan tubuh keseluruhan. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah makanan yang bisa meningkatkan kualitas darah.

1 dari 5 halaman

Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan kualitas darah. Sayuran hijau juga merupakan makanan alkali yang mengandung banyak klorofil.

Mengonsumsi sayuran jenis ini bisa membantu dalam membersihkan darah dan hati. Perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan bayam untuk mendapat manfaat luar biasa ini.

2 dari 5 halaman

Mentimun

Mentimun memiliki kemampuan untuk mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh. Mentimun menyediakan air, kalium dan vitamin C yang baik untuk aliran darah. Mentimun adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kualitas darah karena memiliki sifat anti-inflamasi.

3 dari 5 halaman

Asparagus

Asparagus merupakan salah satu makanan yang meningkatkan kualitas darah karena bisa mengurangi racun dan limbah. Mengonsumsi asparagus secara teratur dapat membantu memurnikan darah. Asparagus juga mampu menormalkan sirkulasi darah serta memungkinkan drainase hati.

4 dari 5 halaman

Delima

Delima dapat membantu untuk meningkatkan aliran darah ke jantung pada orang yang menderita penyakit arteri koroner. Ini mengandung fitokimia yang bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan lapisan halus pembuluh darah.

5 dari 5 halaman

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan zat inti yang dapat mengurangi peradangan (pengerasan pembuluh darah). Zat ini memiliki kapasitas untuk mengurangi lemak di arteri hingga 26 persen.

Sejumlah makanan tersebut bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kualitas darah. Meningkatkan kualitas darah bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. (mdk/RWP)

Baca juga:
8 Nutrisi yang Bisa Membantu Meningkatkan Jumlah Sperma dengan Luar Biasa
Demi Jaga Kesehatan, Milenial Harus Pintar-Pintar Pilih Makanan
Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Alami Ketika Kebanyakan Konsumsi Pepaya
Cedera Tulang Belakang, 6 Makanan dan Minuman Ini Perlu Dikonsumsi Agar Cepat Sembuh
7 Manfaat Cokelat untuk Anak yang Jarang Diketahui Orang Tua