5 Manfaat Ajaib yang Bisa Kamu Peroleh dari Kopi Cold Brew

SEHAT | 28 Mei 2019 00:20 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bertebarannya warung kopi pada saat ini juga memunculkan banyaknya jenis kopi untuk dikonsumsi. Salah satu jenis kopi yang cukup populer saat ini adalah cold brew.

Sesuai namanya kopi ini menggunakan air dingin ketika diseduh sebagai ganti air panas yang biasanya digunakan. Rasa yang muncul dari jenis kopi ini sendiri tidak sepahit kopi yang diseduh biasa. Namun rasa pahit tidaknya ini tergantung dari berapa lama kopi tersebut didiamkan setelah diseduh yaitu antara 12 hingga 24 jam.

Proses menyeduh yang berbeda ini menyebabkan terdapat sejumlah khasiat luar biasa yang bisa diperoleh dari konsumsi jenis kopi ini. Dilansir dari Healthline, berikut lima manfaat ajaib yang bisa kamu peroleh dari konsumsi kopi cold brew.

1. Meningkatkan Mood Secara Efektif

Kafein yang muncul pada kopi cold brew memiliki kemampuan tak hanya untuk menjaga fokus namun juga meningkatkan mood terutama ketika kamu kurang tidur. Penelitian yang dilakukan terhadap 370 ribu orang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi memiliki tingkat depresi lebih rentah. Tingkat depresi pada seseorang menurun hingga 8 persen.

2. Meningkatkan Metabolisme

Semakin tinggi metabolisme pada tubuh seseorang, semakin banyak kalori yang terbakar ketika kamu beristirahat. Kopi diketahui dapat meningkatkan metabolsme seseorang hingga 11 persen.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Segelas kopi cold brew mengandung senyawa yang dapat melawan kondisi yang mempengaruhi jantung, termasuk stroke, serangan jantung, dan penyakit arteri koroner lainnya. Lebih lanjut, senyawa yang ditemukan pada kopi dingin dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menstabilkan gula darah.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Baik penyakit alzheimer maupun parkinson, keduanya disebabkan karena kondisi neurodegeneratif. Hal ini disebabkan karena matinya sel otak yang terjadi seiring waktu.

Kedua penyakit ini dapat berujung pada menurunnya kesehatan mental dan demensia. Dengan mengonsumsi kopi cold brew, kamu dapat menurunkan penyakit yang berhubungan dengan penyakit ini secara lebih efektif.

5. Membantu Kamu Hidup Lebih Lama

Secara umum, mengonsumsi kopi cold brew dapat menurunkan risiko kematian. Hal ini dapat mengurangi risiko munculnya penyakit jantung, strokes, cedera, diabetes, kecelakaan, sistem pernapasan, dan infeksi. Salah satu penyebab dari hubungan hal ini adalah karena kopi memiliki antioksidan yang tinggi.

Sejumlah manfaat kesehatan tersebut bisa kamu peroleh dengan konsumsi kopi cold brew. Jenis kopi ini juga dapat menghilangkan dahaga terutama ketika hari tengah panas.

Baca juga:
Menurut Ahli Gizi, Begini Asupan Makanan yang Tepat untuk Puasa Ramadan
Begini Menu Sahur dan Buka Puasa Kaya Gizi yang Harus Kamu Terapkan Selama Ramadan
Alpukat Ternyata Bermanfaat untuk Cegah Tubuh Jadi Kegemukan
Penelitian Ungkap Brokoli Ternyata Memiliki Khasiat untuk Tekan Munculnya Skizofrenia
Konsumsi Kacang pada Trimester Pertama Kehamilan Pengaruhi Kecerdasan Anak
5 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Konsumsi Ikan Sarden

(mdk/RWP)