5 Manfaat Kesehatan Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Belimbing Wuluh

5 Manfaat Kesehatan Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Belimbing Wuluh
SEHAT | 27 Mei 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya dengan berbagai jenis buah-buahan. Sejumlah buah bahkan biasanya dapat ditanam dengan mudah dan ditemui di sekitar wilayah rumah.

Beberapa buah itu sebut saja belimbing, jambu air, jambu biji, belimbing wuluh dan masih banyak lagi. Sejumlah buah sering tidak diketahui banyak orang bahwa memiliki manfaat sehat seperti belimbing wuluh.

Belimbing wuluh sendiri sesungguhnya buah yang cukup mudah ditemui pada berbagai negara tropis. Buah ini biasanya tidak dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang sangat asam namun bisa diolah menjadi minuman dan makanan yang sangat menyegarkan.

Namun siapa sangka, di balik bentuk buah ini yang kecil, ternyata terdapat beragam manfaat tak terduga bagi tubuh. Terdapat sejumlah kandungan nutrisi luar biasa dari belimbing wuluh ini, terdapat setidaknya karbohidrat, serat, protein, vitamin C, B, kalsium, zat besi, flavonoid, serta tannin di dalamnya.

Sejumlah kandungan bergizi dari belimbing wuluh ini memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Dilansir dari Net Meds, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari belimbing wuluh.

1 dari 5 halaman

Mengatur Tingkat Gula Darah

Belimbing wuluh bisa membantu mengatur tingkat gula darah dalam tubuh dengan memonitor aktivitas insulin pada tubuh. Kandungan flavonoid yang tinggi serta serat di buah ini bisa membantu mengatasi melonjaknya gula darah setelah makan sehingga mencegah terjadiya diabetes.

2 dari 5 halaman

Membantu Mengatasi Hipertensi

hipertensi

Kandungan antioksidan serta protein dari belimbing wuluh membuatnya menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Konsumsi rebusan belimbing wuluh bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat.

3 dari 5 halaman

Membantu Mengatasi Ambeien

Belimbing wuluh memiliki kandungan anti peradangan berupa tannin dan terpenes. Keduanya bisa membantu mengurangi pembengkakan di pembuluh darah anus dan rektum yang menjadi penyebab ambeien. Oleskan ekstrak buah dan daun belimbing wuluh untuk mengurangi rasa sakit, peradangan, serta pendarahan.

4 dari 5 halaman

Mengatasi Batuk dan Pilek

dan pilek

Besarnya kandungan vitamin C dari belimbing wuluh memberikan manfaat luar biasa untuk sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membantu mencegah dan mengatasi batuk dan pilek akibat sejumlah hal.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Belimbing wuluh memiliki kandungan kalsium yang sangat kaya dan bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang serta menjaga kesinambungan tulang di tubuh. Kamu bisa memperolehnya melalui konsumsi ekstrak belimbing wuluh.

Sejumlah manfaat sehat tersebut bisa diperoleh tubuhmu melalui konsumsi belimbing wuluh. Oleh karena itu, pastikan untuk mencoba juga konsumsi buah ini agar memperoleh manfaat sehatnya. (mdk/RWP)

Baca juga:
Jangan Berlebihan Konsumsi Makanan Lebaran untuk Jaga Kesehatan Tubuh
Perhatikan Asupan Air dan Serat untuk Jaga Kesehatan di Kala Lebaran
Deretan Makanan yang Bisa Menjaga Batas Kolesterol pada Saat Lebaran
Salah Satu Hidangan Khas Lebaran, Berikut Deretan Manfaat dari Rebung
6 Makanan dan Minuman yang Bisa Memperburuk Gejala Diare yang Dialami Seseorang
5 Makanan dan Minuman yang Bisa Jadi Penyebab Terjadinya Kondisi kulit Berminyak

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5