5 Manfaat Luar Biasa dari Nanas, Mulai Melawan Kanker Hingga Cegah Asma

SEHAT | 17 Oktober 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Konsumsi buah pada menu makanan sehari-hari merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan sehari-hari. Salah satu buah yang memiliki manfaat kesehatan yang melimpah adalah nanas.

Untuk memperoleh manfaat sehat dari nanas ini, kamu bisa mengonsumsinya langsung atau juga mengolahnya menjadi minuman.

Nanas mengandung fitonutrien yang mampu meningkatkan kesuburan. Selain itu kandungan ini juga mampu mencegah peradangan dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Buah khas daerah tropis ini juga mengandung enzim bromelain. Penelitian sebelumnya mengungkap bromelain bisa mempercepat penyembuhan luka, mencegah metastasis paru-paru, dan menenangkan otot yang tegang.

Manfaat lain dari enzim pada nanas bisa mengatasi arthritis, penyakit autoimun, dan infeksi sinus. Nanas mengandung banyak nutrisi sehingga sangat cocok untuk kesehatan.

Terdapat banyak manfaat dari nanas yang bisa membantu meningkatkan kesehatanmu. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah manfaat yang bisa kamu peroleh dari konsumsi nanas.

1 dari 5 halaman

Melawan Kanker

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bromelain memiliki kandungan anti kanker. Enzim ini dapat memicu apoptosis, proses yang membunuh sel penyebab kanker ketika menjaga sel sehat.

2 dari 5 halaman

Mencegah Asma

Nanas mengandung beta karotin yang berhubungan dengan menurunnya risiko asma. Buah ini bisa meningkatkan kesehatan dengan mengeluarkan racun dari tubuh dan melawan inflamasi.

3 dari 5 halaman

Vitamin C

Vitamin C diketahui memiliki dampak positif terhadap kesehatan secara keseluruhan. Nutrisi ini bisa meningkatkan fungsi imun, menangkal penyebaran virus, serta infeksi bakteri.

Buah ini juga mampu digunakan untuk mengatasi kondisi kulit. Vitamin C bisa mempercepat penyembuhan dari kulit terbakar matahari atau kulit kering dan iritasi.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Pencernaan

Mengonsumsi nanas bisa membantu meningkatkan pencernaan dengan mencerna protein menjadi peptida dan asam amino. Buah ini mengandung serat, air, dan elektrolit yang bisa mengatasi asam lambung.

5 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Mental

Selain meningkatkan pencernaan, mengonsumsi nanas juga bisa meningkatkan mood. Terdapat sebuah penelitian yang mengungkap bahwa nanas bisa membantu mengurangi depresi dan kecemasan. Buah ini mengandung asam amino tritofan yang membantu produksi serotonin.

Sejumlah manfaat tersebut menjadi tanda bahwa buah ini sangat cocok untuk kamu konsumsi sehari-hari. Sejumlah hal ini bisa membantu menjaga kesehatan tubuhmu dengan lebih baik. (mdk/RWP)

Baca juga:
4 Manfaat Daun Jambu biji untuk Kecantikan Rambut
Manfaat Alpukat Buat Kecantikan Jika Dikonsumsi Secara Teratur
Mengungkap Manfaat yang Dimiliki Buah dan Sayur Berdasar Warnanya
6 Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit
22 Manfaat Alpukat untuk Wajah, Rambut, dan Tubuh