5 Masalah Kesehatan yang Bisa Dialami Wanita Ketika Memiliki Payudara Terlalu Besar

SEHAT | 8 Oktober 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bagi sejumlah wanita, memiliki payudara dengan ukuran yang besar merupakan sebuah impian. Namun bagi wanita lain, memiliki payudara besar justru bisa menjadi masalah.

Besarnya keinginan wanita memiliki payudara besar menyebabkan banyaknya yang melakukan operasi untuk membesarkan area tersebut. Namun, kadang mereka melakukannya tanpa mempertimbangkan sejumlah hal termasuk masalah kesehatan yang mungkin mereka alami.

Membesarnya payudara berarti juga semakin bertambahnya beban yang harus diusung seorang wanita. Hal ini bisa sangat berdampak pada dirimu terutama ketika kamu melakukan sejumlah aktivitas fisik yang berat.

Membesarnya payudara ini juga bisa disebabkan oleh kondisi bernama makromastia pada wanita. Hal ini disebut bisa menyebabkan menurunnya kualitas hidup seseorang yang mengalaminya.

Masalah payudara yang terlalu besar ini bisa dialami oleh semua wanita pada usia berapa pun. Ketika mengalami maaslah in, disarankan untuk melakukan operasi pengecilan payudara.

Terdapat sejumlah masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh wanita dengan payudara yang terlalu besar. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah masalah kesehatan yang mungkin dialami seseorang ketika memiliki payudara terlalu besar.

1 dari 5 halaman

Sakit Punggung

Beberapa masalah kesehatan yang dialami wanita dengan payudara besar adalah sakit punggung. Payudara yang lebih besar memberi tekanan dan beban lebih besar pada tulang punggung sehingga kamu harus memundurkan tubuh untuk menyangga beban. Hal ini juga menyebabkan rasa sakit di leher serta pundak.

Sakit punggung bisa jadi masalah kesehatan serius dan menganggu aktivitas fisik yang kamu lakukan. Hal ini jadi sangat rentan dialami ketika kamu memiliki ukuran payudara terlalu besar.

2 dari 5 halaman

Masalah Saraf

Ukuran dan berat yang tidak proporsial dari payudara bisa menyebabkan masalah postur dan rasa tak nyaman pada pundak. Risiko kesehatan dari payudara yang terlalu besar bisa mengakibatkan munculnya masalah saraf kronis.

Masalah saraf yang kamu alami ini bisa berupa mati rasa dan kesemutan yang sering terjadi pada area sekitar tangan. Hal ini bisa terjadi secara serting baik pada siang maupun malam hari.

3 dari 5 halaman

Ruam dan Bercak di Kulit

Payudara yang semakin besar juga bisa mengakibatkan munculnya maslaah kulit. Hal ini biasanya bisa muncul pada kulit yang berada pada bagian di bawah payudara.

Masalah kulit lain juga bisa muncul karena bra yang kamu gunakan. Semakin besar ukuran bra yang kamu gunakan, maka semakin besar juga tali yang digunakan sehingga memungkinkan munculnya ruam maupun lecet.

4 dari 5 halaman

Masalah Emosi

Masalah yang muncul karena payudara yang terlalu besar ini tak hanya berdampak secara fisik saja. Secara mental, mungkin juga munculnya dampak yang dialami seseorang.

Banyak wanita yang merasa tidak percaya diri gara-gara payudara yang terlalu besar ini. Hal ini juga bisa membuat mereka kerap cemas ketika menggunakan pakaian tertentu.

5 dari 5 halaman

Masalah Pernapasan

Besarnya ukuran payudara dan beban yang kamu sangga ini bisa menyebabkan napas menjadi pendek. Pasalnya, payudara bisa menekan dada sehingga kamu tak dapat bernapas secara normal.

Masalah lain yang juga bisa kamu alami karena tekanan ke dada ini adalah sakit kepala dan sakit pundak. Ketika sejumlah masalah kesehatan ini kamu alami, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari cara pemecahan terbaik. (mdk/RWP)

Baca juga:
Pakai Bra Ternyata Buat Payudara Kamu Lebih Kendur
Benarkah Payudara Bakal Ikut Mengecil Ketika Berat Badang Berkurang?
Benarkah pasta gigi bisa memperbesar payudara?
Ternyata ini penyebab utama wanita punya payudara kecil
Ada rambut-rambut halus di area puting, normalkah?