5 Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul Akibat Menggunakan Bra Terlalu Kecil

SEHAT | 8 Agustus 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Memilih ukuran bra yang tepat merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh seorang wanita. Sayangnya kadang ketika seseorang sudah menemukan ukuran bra yang tepat, ada kemungkinan bahwa ukuran bra yang dimilikinya berubah.

Perubahan ukuran bra yang terjadi ini menyebabkan seseorang harus menggantinya ke ukuran baru. Namun sayangnya hal ini kadang luput disadari oleh seseorang.

Menggunakan ukuran bra yang terlalu kecil ini tak hanya menyebabkan rasa tidak nyaman saja. Hal ini bahkan bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan pada dirimu.

Masalah kesehatan yang muncul akibat ukuran bra yang terlalu kecil ini tak boleh dikesampingkan. Dilansir dari Parfait Lingerie, berikut lima masalah kesehatan yang mungkin muncul kalau kamu menggunakan bra dengan ukuran terlalu kecil.

1 dari 5 halaman

Sakit Leher

Ketika kamu menggunakan bra yang terlalu sempit, kamu bakal menambah kondisi tegang pada ototmu. Ketika menggunakan ukuran bra yang terlalu kecil, bagian dadamu tidak memiliki penopang yang cukup sehingga otot leher juga ikut menahan berat dada.

Ketika kamu merasa bahwa lehermu terasa sakit sepanjang waktu, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh ukuran bra yang tak tepat. Ketika kamu menggunakan ukuran yang tepat, maka rasa sakit ini akan menghilang dengan sendirinya.

2 dari 5 halaman

Tidak Nyaman

Rasa tidak nyaman ini secara alami akan muncul ketika kamu menggunakan ukuran bra yang terlalu sempit. Hal ini bahkan bisa menimbulkan jejak di kulit dan mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Menggunakan bra dengan ukuran yang tepat dan nyaman merupakan sebuah hal yang nyaman karena kamu memakainya dalam waktu lama. Rasa tidak nyaman ini tentu bakal sirna ketika kamu menggunakan ukuran bra yang tepat.

3 dari 5 halaman

Masalah Kulit

Ketika kamu menggunakan bra yang terlalu sempit, hal ini bakal mendorong dan menekan kulitmu. Dalam jangka waktu lama, hal ini bisa berbahaya terutama ketika muncul garis kemerahan akibat bra yang kamu gunakan.

Satu hal yang harus kamu ketahui, idealnya bra yang kamu gunakan tidak meninggalkan bekas pada kulit. Bekas merah ini bisa saja muncul ketika tali bra terlalu sempit, namun jika tetap muncul bahkan ketika tali bra sudah dilonggarkan, maka artinya bra yang kamu gunakan terlalu kecil.

4 dari 5 halaman

Payudara Melembut

Ketika payudara menjadi lebih lembut dibanding biasanya, mungkin bra yang kamu gunakan terlalu kecil. Seringnya wanita terlalu biasa dengan satu ukuran bra sehingga mereka tidak menyadari bahwa ukuran tersebut berubah dan tetap memakainya bahkan saat kekecilan.

Kondisi payudara yang menjadi lembut dibanding biasa ini disebabkan karena tekanan yang terus diberikan sehingga jaringan di dalamnya mengalami masalah. Untuk mengatasi masalah ini, ganti bra dengan ukuran yang tepat untuk mencegah masalah lebih lanjut di payudara.

5 dari 5 halaman

Lecet di Payudara

Ukuran yang tidak tepat dan terlalu kecil bisa menimbulkan masalah lain pada payudara. Salah satu yang mungkin terjadi ketika menggunakan payudara terlalu kecil adalah lecet.

Pada awalnya, masalah ini mungkin tidak disadari oleh seseorang, Namun lambat lain, masalah ini bisa berbuntut panjang dan semakin memburuk.

Untuk menghindari segala masalah tersebut, pastikan untuk mengukur dan mengganti bra secara rutin. Menggunakan bra yang terlalu kecil bisa menyebabkan sejumlah masalah pada kesehatanmu. (mdk/RWP)

Baca juga:
Pakai Bra Ternyata Buat Payudara Kamu Lebih Kendur
Benarkah Payudara Bakal Ikut Mengecil Ketika Berat Badang Berkurang?
Benarkah pasta gigi bisa memperbesar payudara?
Ternyata ini penyebab utama wanita punya payudara kecil
Ada rambut-rambut halus di area puting, normalkah?
Selain kanker, 5 hal ini juga bisa bikin payudaramu nyeri