5 Minuman Kaya Elektrolit yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

SEHAT | 15 November 2019 06:20 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Elektrolit memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan ini memiliki peran yang sangat vital terutama bagi orang yang aktif secara fisik.

Mineral ini memiliki fungsi penting bagi kontraksi otot, hidrasi, sinyal saraf, serta keseimbangan pH. Terdapat beragam jenis elektrolit yang bisa ditemu pada makanan dan minuman sehari-hari.

Jenis elektrolit yang paling umum ditemui adalah sodium, potassium, magnesium, kalsium, fosfor, klorida, dan bikarbonat. Agar tubuh bisa berfungsi secara normal sehari-hari, penting untuk menjaga keseimbangan dari mineral ini.

Adanya kandungan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dari elektrolit ini bisa meningkatkan risiko komplikasi kesehatan. Elektrolit yang ada di dalam tubuh juga bisa terlepas melalui keringat atau cara lain.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan penurunan elektrolit secara signifikan salah satunya adalah olahraga berat. Selain itu, muntah dan diare yang berujung dehidrasi bisa menyebabkan hilangnya mineral penting ini dengan cepat.

Untuk menjaga tingkat elektrolit dalam tubuh, terdapat sejumlah makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah minuman kaya elektrolit yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuhmu.

1 dari 5 halaman

Air Kelapa

Air kelapa merupakan salah satu minuman menyehatkan yang sangat digemari. Minuman ini mengandung elektrolit dalam jumlah yang tepat seperti sodium, potassium, kalsium, dan magnesium. Selain itu, minuman ini juga memiliki kandungan gula yang rendah.

2 dari 5 halaman

Smoothies

Minuman jenis ini menggabungkan sejumlah kandungan kaya elektrolit seperti buah, sayur, kacang, biji, serta olahan susu. Selain karena memiliki kandungan nutrisi, smoothies juga sangat mudah untuk dicerna dan lebih memancing nafsu makan. Menggabungkannya dengan bahan kaya protein bisa membantu pemulihan dan perkembangan jaringan saraf dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Semangka

Semangka yang dijus bisa jadi sumber minuman yang kaya potassium, magnesium, kalsium, dan fosfor. Buah ini juga mengandung L-sitrulin yang menunjang asupan oksigen lebih baik dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

Susu

Susu sapi merupakan salah satu minuman yang juga kaya dengan elektrolit berupa kalsium, sodium, dan potassium. Terdapat kombinasi yang sehat dari karbohidrat dan protein pada susu yang bisa menunjang pemulihan jaringan otot.

5 dari 5 halaman

Pedialyte

Pedyalite merupakan minuman mengandung elektrolit yang dibuat khusus bagi anak-anak untuk merehidrasi diri setelah kehilangan sejumlah cairan. Minuman ini sangat disarankan bagi anak-anak yang mengalami diare atau muntah. Pedialyte mengandung gula yang lebih rendah dibanding minuman olahraga orang dewasa.

Sejumlah minuman tersebut bisa jadi cara untuk memenuhi kebutuhan elektrolit di dalam tubuh. Walau minuman berelektroli bisa bermanfaat bagi tubuh, namun jangan lupa untuk mengonsumsi juga air putih setelah berolahraga. (mdk/RWP)

Baca juga:
Cedera Tulang Belakang, 6 Makanan dan Minuman Ini Perlu Dikonsumsi Agar Cepat Sembuh
Bukan Air Putih, Ini sebenarnya Minuman yang Paling Mampu Menghilangkan Dahaga
4 Dampak Negatif yang Bisa Kamu Alami Saat Menerapkan Juicing Diet
6 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Berolahraga untuk Mencegah Dehidrasi
12 Minuman Enak dan Berkhasiat untuk Kulit Berjerawat