5 Santapan yang Tepat bagi Anak yang Baru Mengonsumsi Makanan Padat

5 Santapan yang Tepat bagi Anak yang Baru Mengonsumsi Makanan Padat
SEHAT | 24 Februari 2020 00:41 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada saat bayi mulai memasuki usia enam bulan, buah hati sudah mulai tidak hanya terbatas mengonsumsi Air Susu Ibu. Setelah memasuki usia ini, bayi sudah mulai siap untuk mengonsumsi makanan padat.

Ketika memasuki usia tujuh atau delapan bulan, penting bagi bayi untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan. Selain ASI dan susu formula, buah hati bisa mulai mengonsumsi sereal bayi, daging atau protein lainnya, buah, sayur, biji-bijian, yogurt, dan keju.

Terkait jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi ini, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter anak untuk memberikannya. Selain itu, sebaiknya perkenalkan makanan padat ini satu per satu saat makan.

Memberi anak jenis makanan yang berbeda secara perlahan ini bisa membantu untuk melihat apakah buah hati alergi dengan suatu makanan atau tidak. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah makanan yang sebaiknya disantap oleh buah hati saat mulai belajar konsumsi makanan padat.

1 dari 5 halaman

Avokad

Avokad merupakan makanan yang kaya dengan lemak tak jenuh sehat yang bisa membantu mempercepat perkembangan otak. Tumbuk avokad menggunakan garpu hingga cukup halus untuk diberikan pada buah hati.

2 dari 5 halaman

Pisang

Pisang merupakan sumber yang sangat baik dengan kandungan potasium, vitamin B6 dan C, kalsium, serta zat besi yang sehat. Kamu bisa tumbuk dan haluskan pisang agar lebih mudah dikonsumsi buah hati.

3 dari 5 halaman

Blueberry

Blueberry memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang sangat baik di dalamnya. Kandungan ini bisa bermanfaat bagi mata, otak, serta saluran urine buah hati.

4 dari 5 halaman

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan serat, folat, serta kalsium yang sangat penting bagi perkembangan bayi. Kamu bisa mengukus sayur ini hingga empuk kemudian dinginkan dan potong kecil-kecil.

5 dari 5 halaman

Ubi

Ubi merupakan makanan yang sangat disukai anak-anak karena rasa manis dan tekstur di dalamnya. Makanan ini juga merupakan sumber yang kara beta karoten, vitamin C, serta mineral.

Memilih jenis makanan yang tepat merupakan hal yang penting terutama bagi bayi. Makanan dengan kandungan yang tepat ini sangat penting dan bermanfaat bagi perkembangan bayi.

(mdk/RWP)

Baca juga:
Walau Langka, Perubahan Kelamin pada Seseorang Bisa Terjadi Secara Alami
4 Hal yang Dapat Dialami Orangtua Ketika Tidur dengan Bayi Mereka
Kondisi Kesehatan Bisa Buat Bayi Alami Kondisi Serupa Menstruasi
Waspada! 4 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Ruam Popok pada Buah Hati
Penyebab Serta Cara Ampuh Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5