5 tanda yang Bakal Muncul Ketika Tubuh Kekurangan Lemak

SEHAT | 28 Januari 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Lemak kerap kali menjadi salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang. Konsumsi terlalu banyak atau terlalu sedikit lemak yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Bagi tubuh, konsumsi lemak ini juga sama pentingnya seperti juga sayuran dan nutrisi yang lain. Lemak dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi, membantu perkembangan otak, membantu menyerap vitamin, dan lainnya.

Kurangnya lemak di dalam tubuh ini bisa disebabkan berbagai seperti kurangnya konsumsi. Namun bisa juga kurangnya lemak dalam tubuh ini karena memang upayamu untuk menguranginya atau karena kamu terlalu kurus.

Ketika seseorang kekurangan lemak, mungkin muncul sejumlah tanda yang ditunjukkan tubuh. Dilansir dari Care2, berikut sejumlah tanda yang bakal muncul ketika tubuh kekurangan lemak.

1 dari 5 halaman

Sering Kedinginan

Orang yang kekurangan lemak dalam tubuhnya seringkali merasa kedinginan. Lemak dalam tubuh bertanggungjawab untuk memproduksi panas dan membuat tubuh tetap hangat. Ketika kamu sering kedinginan bahkan dalam suhu yang relatif tak terlalu dingin, bisa jadi kamu kekurangan lemak .

2 dari 5 halaman

Mengonsumsi Suplemen Vitamin

Jika kamu mengonsumsi suplemen vitamin untuk menguatkan tulang, mata, dan kesehatan jantung, kemungkinan besar tubuhmu akan kekurangan lemak. Vitamin seperti A, D, E, dan K adalah lemak yang larut dalam air.

Berbagai vitamin tersebut dapat diserap oleh lemak. Kekurangan lemak akan menyebabkankamu kekurangan vitamin. Karena itu konsumsi lebih banyak lemak sehat untuk membantu tubuh menyerap vitamin.

3 dari 5 halaman

Merasa Sulit Berkonsentrasi

Jika kamu sering bermasalah dan tak bisa berkonsentrasi, serta merasa selalu lelah sepanjang hari, cobalah konsumsi tambahan lemak sehat. Salah satunya bisa kamu dapatkan melalui lemak ikan salmon. Penelitian mengungkap bahwa asam lemak omega-3 pada ikan salmon, minyak tertentu, atau bayam bisa meningkatkan fungsi kognitif.

4 dari 5 halaman

Kulit Kering

Ketika kamu memiliki kulit kering, mudah bersisik, dan gatal, maka bisa jadi kamu tengah kekurangan lemak sehat. Penelitian mengungkap bahwa kekurangan asam lemak omega3 bisa membuat kulit lebih sensitif dan kering.

5 dari 5 halaman

Gula Darah Tak Stabil

Ketika kamu memiliki tingkat gula darah tinggi dan tak stabil, kamu memerlukan lebih banyak lemak. Makanan yang kaya lemak sehat bisa memberikan efek positif pada tingkat gula darah dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Sejumlah hal ini bisa jadi tanda yang muncul ketika tubuhmu kekurangan lemak. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung lemak sehat demi kesehatan dan kebugaran tubuhmu. (mdk/RWP)

Baca juga:
Benarkah Konsumsi Kelelawar jadi Penyebab Munculnya Virus Corona?
Mencuci Tangan Bisa Jadi Cara Ampun Cegah Terjadinya Infeksi
Benarkah Scaling Bisa Membuat Gigi Menjadi Lebih Tipis?
5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi ketika Sudah Berusia di Atas 40 Tahun
Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Membaca Buku Setiap Hari

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.