5 Tips Penting Bagi Wanita untuk Memilih Bra yang Cocok dan Menyehatkan

SEHAT | 5 September 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bra merupakan salah satu pakaian wanita yang bisa sangat mempengaruhi banyak hal. Memilih jenis dan ukuran bra yang tidak tepat bisa berdampak pada timbulnya sejumlah masalah kesehatan.

Menggunakan bra selama tidur juga bisa berdampak pada terjadinya sejumlah masalah kesehatan. Masalah ini dapat berdampak panjang dan membuat kamu kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Saat ini, terdapat beragam pilihan bra baik secara bentuk dan desain. Untuk menemukan jenis yang tepat dan nyaman digunakan, penting untuk mengetahui apa yang sesungguhnya kamu butuhkan.

Aktivitas sehari-hari serta jenis pakaian yang kamu gunakan juga dapat menentukan kebutuhan bra yang bakal kamu gunakan ini. Pastikan memilih bra yang benar-benar menunjang aktivitas dan kondisi kesehatanmu.

Sejumlah latar belakang seperti kondisi fisik serta kenyamanan penting dalam memilih bra yang tepat ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah hal yang perlu menjadi pertimbanganmu dalam memilih bra.

1 dari 5 halaman

Pilih Bahan dan Bentuk yang Menyehatkan

Biasanya wanita lebih banyak memperhatikan desain dan bentuk bra sebelum memilihnya. Namun bahan dari bra tersebut juga sangat penting dipertimbangkan sebelum membelinya.

Pilihlah bra dengan kain yang mampu membuat kulitmu bernapas dan terbuat dari bahan organik seperti katun atau bambu. Bahan tersebut membuat dada terpa kering, dingin, serta nyaman walau berkeringat. Selain itu pastikan juga tali dan pengait memiliki bahan yang cocok dengan kulitmu.

2 dari 5 halaman

Pilih Jenis yang Cocok dengan Tubuh

Kenali jenis tubuh yang kamu miliki. Jika kamu memiliki ukuran cup yang besar, cari tali dengan ukuran lebih lebar agar merasa lebih nyaman saat memakainya.

Disarankan untuk memilih ukuran bra yang tepat dan mampu menyangga berat pada punggung, bahu, dan leher untuk menghindari sejumlah masalah kesehatan. Memilih bra yang cocok dengan ukuran dan bentuk tubuh bisa mencegah dampak negatif yang mungkin muncul pada tulang belakang.

3 dari 5 halaman

Pilih Ukuran yang Cocok

Memilih ukuran yang tepat menjadi sangat penting ketika memiliki bra. Tali dari bra harus cukup ketat agar dapat nyaman di dan tak menyakiti punggung.

Bagian cup juga seharusnya tidak menempel secara ketat pada payudara. Jika bra yang digunakan meninggalkan bekas merah, maka artinya bra tersebut terlalu ketat.

4 dari 5 halaman

Pilih Bra Tanpa penyangga Kawat

Menurut sejumlah ahli, menggunakan bra yang memiliki penyangga kawat bisa berdampak munculnya sejumlah masalah kesehatan payudara. Selain itu kadang ada perasaan mengganjal dan menekan pada payudara ketika menggunakan bra jenis ini.

Menggunakan bra tanpa penyangga kawat bisa tidak nyaman ketika kamu tak biasa. Oleh karena itu, pilihlah bra yang memang didesain khusus tanpa kawat untuk mendapat manfaat ini.

5 dari 5 halaman

Pilih Bra yang Fleksibel

Hal lain yang harus diperhatikan adalah bahwa bra bisa berubah seiring waktu. Perubahan hormonal karena kehamilan, menyusui, atau menopause dapat mengubah ukuran payudara.

Pilihlah bra yang cukup fleksibel dan bisa mengakomodasi sejumlah perubahan ini. Sport bra bisa menjadi pilihan karena cukup fleksibel dan terbuat dari bahan yang membuat kulitmu mampu bernapas. Pilihlah bra dengan tali belakang vertikal dan bukan menyilang karena lebih nyaman.

Untuk menunjang kesehatan sehari-hari, pilihan bra yang tepat bisa sangat menentukan. Sejumlah hal ini penting menjadi pertimbangan dalam memilih bra yang cocok untukmu. (mdk/RWP)

Baca juga:
Ini Alasan Mengapa Manusia Punya Payudara Permanen Sedangkan Hewan Tidak Punya
5 Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul Akibat Menggunakan Bra Terlalu Kecil
3 Perubahan yang Dialami oleh Payudara Wanita ketika Menstruasi Tiba
Punya Dada Semakin Besar Bisa Buat Wanita Jadi Enggan Berolahraga
Pakai Bra Ternyata Buat Payudara Kamu Lebih Kendur