5 Tips Sederhana Mencegah Munculnya Diabetes pada Pria

5 Tips Sederhana Mencegah Munculnya Diabetes pada Pria
ilustrasi diabetes. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/bogdanhoda
SEHAT | 23 Juni 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak boleh dipandang remeh oleh pria. Masalah kesehatan ini bisa menjadi induk dari munculnya berbagai masalah kesehatan lain di masa mendatang.

Diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi dan mendayagunakan insulin secara tepat. Pada tiap-tiap penderita diabetes, terdapat gejala berbeda yang mungkin muncul.

Salah satu penyebab dari munculnya masalah kesehatan ini adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini kemudian mendorong meningkatnya gula darah secara drastis dan menimbulkan masalah kesehatan.

Diabetes sendiri terdiri dari tipe 1 yang bisa muncul sejak anak-anak dan remaja, serta diabetes tipe 2 yang biasanya muncul di usia dewasa. Faktor gaya hidup yang tak tepat ini bisa memicu munculnya diabetes tipe 2 ini pada pria.

Risiko tinggi pada pria ini disebabkan karena pria cenderung memiliki lebih banyak lemak perut dibanding wanita. Hal ini juga bisa semakin berbahaya ketika seseorang kerap mengonsumsi makanan tinggi alkohol, memiliki berat badan berlebih atau obestias, serta memiliki keturunan diabetes.

Mencegah secara dini lebih baik dilakukan sebelum masalah dibetes ini muncul. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah hal sederhana yang bisa dilakukan pria untuk mencegah munculnya diabetes.

2 dari 4 halaman

1. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang kamu konsumsi sangat mempengaruhi kadar gula darahmu. Secara umum, untuk menghindari diabetes ini, tidak ada makanan khusus yang perlu kamu hindari. Hanya saja, pastikan kamu memiliki pola makan sehat untuk menghindari munculnya diabetes.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan secara seimbang yang terdiri dari sayur, buah, protein, produk olahan susu rendah lemak, serta biji-bijian. Pastikan juga untuk mengurangi jumlah garam, karbohidrat sederhana, makanan olahan, lemak trans, lemak jenuh, serta tambahan gula dari makananmu.

Perlu kamu ketahui bahwa karbohidrat bisa berubah menjadi glukosa sehingga pastikan mengonsumsinya dalam jumlah sedikit. Pastikan juga untuk menghindari konsumsi junk food dan goreng-gorengan secara umum.

3 dari 4 halaman

Gaya Hidup Aktif dan Rutin Mengukur Gula Darah

aktif dan rutin mengukur gula darah

2. Banyak Berolahraga

Banyak orang yang kurang gerak dan hanya diam saja pada saat di rumah. Hal ini bisa menjadi penyebab kamu lebih berisiko mengalami diabetes.

Olahraga dan aktivitas fisik yang kamu lakukan ini tidak harus dilakukan di pusat kebugaran atau secara kelompok. Pastikan saja dalam sehari kamu bergerak selama 30 menit baik itu berjalan atau bersepeda.

Gaya hidup yang aktif ini bisa membantu mencegah berat badan berlebih dan menurunkan kadar gula darah. Keduanya sangat penting dalam mencegah munculnya diabetes.

3. Catat Kadar Gula Darah

Cara paling aman untuk mencegah munculnya diabetes adalah dengan mengetahui secara tepat kondisimu. Hal ini bisa dicapai dengan sering mengukur gula darah secara teratur.

Mengetahui tanda-tanda kenaikan gula darah ini bisa menjadi cara untuk lebih waspada terhadap munculnya diabetes. Hal ini sangat bermanfaat agar kondisimu tidak terlanjur buruk terlebih dahulu.

4 dari 4 halaman

Turunkan Berat Badan serta Berhenti Merokok atau Minum Alkohol

4. Turunkan Berat Badan

Obesitas memiliki kaitan yang sangat erat dengan tekanan darah, kolesterol, serta gula darah tinggi. Secara umum, hal ini bisa disebut sebagai penyebab penyakit jantung.

Penelitian mengungkap bahwa ketika seseorang menurunkan berat badan dan mengubah pola makan, terdapat penurunan risiko diabetes hingga 60 persen. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang menurunkan berat badan hingga 7 persen dari sebelumnya.

5. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Pada seseorang yang tidak merokok dan minum alkohol, mengendalikan gula darah lebih mudah dilakukan. Secara umum, hal ini juga bisa sangat baik dalam mencegah munculnya masalah kesehatan lain.

Berhenti merokok dan minum alkohol secara permanen merupakan hal yang perlu dilakukan demi kesehatan. Lima gaya hidup ini bisa diterapkan untuk mencegah tak hanya diabetes, namun juga masalah kesehatan lain yang bisa dipicu juga oleh diabetes ini. (mdk/RWP)

Baca juga:
Kenali Sejumlah Gejala Demam Berdarah yang Perlu Ditanggapi Secara Serius
6 Hal yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Membuatmu Menua Lebih Cepat
Begini Tips untuk Mencegah Terjadinya Hepatitis Akut pada Seseorang
4 Dampak Buruk yang Dialami Kaki dari Kebiasaan "Nyeker" di Dalam Rumah
5 Kebiasaan saat Makan yang Perlu Kamu Lakukan Jika Ingin Mengecilkan Perut

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini