6 Cara Alami Mencegah Munculnya Kumis Tipis pada Wajah Wanita

6 Cara Alami Mencegah Munculnya Kumis Tipis pada Wajah Wanita
Ilustrasi Wanita Bercukur. ©Shutterstock
SEHAT | 18 Januari 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Munculnya rambut di wajah berupa kumis atau jenggot merupakan sebuah hal yang normal pada pria. Namun ketika hal ini dialami oleh wanita, kondisi ini bisa jadi tak menyenangkan dan menjadi masalah.

Pada dasarnya, wajah dan seluruh tubuh kita memang ditumbuhi oleh rambut hanya saja bentuknya sangat tipis dan hampir tak terlihat. Namun ketika rambut ini menjadi menebal dan semakin panjang, kondisinya tentu berbeda.

Munculnya kumis atau jenggot pada wanita ini bisa disebut sebagai hirsutisme. Kondisi ini bisa terjadi akibat ketidakseimbangan hormon yang dimiliki wanita.

Untuk menghilangkan rambut yang mengganggu ini, bisa dilakukan waxing atau laser hair removal. Cara lainnya adalah dengan bercukur secara rutin.

Selain menghilangkan seperti itu, mencegah rambut menjadi tumbuh dan menebal juga bisa dilakukan dengan cara alami. Dilansir dari Bright Side, berikut cara alami untuk mencegah munculnya kumis tipis pada wajah wanita.

2 dari 4 halaman

Konsumsi Teh Spearmint dan Gunakan Minyak Esensial

spearmint dan gunakan minyak esensial

1. Minum Teh Spearmint

Teh spearmint bisa membantu menenangkan diri kita dan juga menurunkan jumlah hormon pria di dalam tubuh. Hilangnya hormon ini bisa membantu menurunkan risiko munculnya rambut-rambut yang tak diinginkan. Berdasar penelitian, konsumsi dua gelas teh spearmint setiap hari bisa memperlambat tumbuhnya bulu-bulu di wajah.

2. Gunakan Minyak Lavender dan Minyak Tea Tree

Minyak Lavender dan Minyak Tea Tree merupakan beberapa jenis minyak esensial yang banyak digunakan untuk perawatan wajah. Keduanya bisa digunakan untuk menghilangkan dan menurunkan risiko munculnya rambut-rambut di wajah.

3 dari 4 halaman

Kurangi Konsumsi Lemak dan Perbanyak Olahraga

lemak dan perbanyak olahraga

3. Kurangi Konsumsi Makanan Mengandung Lemak Trans

Makanan manis yang kamu konsumsi memang menyenangkan, namun besar kemungkinan terdapat kandungan lemak trans di dalamnya. Konsumsi lemak trans ini merupakan salah satu penyebab munculnya rambut-rambut di wajah. Menghindari atau mengurangi konsumsinya bisa mengurangi risiko munculnya rambut di wajah.

4. Mulai Berolahraga

Tetap aktif secara fisik tak hanya berdampak baik bagi kesehatan dan kebugaran, namun juga bermanfaat mencegah munculnya rambut-rambut di wajah. Pastikan jangan melakukan olahraga yang bisa meningkatkan testosteron seperti olahraga intensitas tinggi atau mengangkat beban.

4 dari 4 halaman

Akupunktur dan Minum Cukup Air

minum cukup air

5. Lakukan Akupunktur

Akupunktur merupakan cara yang tepat untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan dan membuat tubuh lebih santai. Cara ini juga bisa mengurangi risiko munculnya rambut wajah yang tak diinginkan. Berdasar penelitian, akupunktur bisa mengurangi kepadatan dan panjang rambut-rambut yang tak diinginkan serta menurunkan kadar hormon pria.

6. Minum Cukup Air

Minum cukup air merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini bisa meningkatkan metabolisme dan mempertahankan keremajaan kulit.

Cukup minum air juga bisa membantu dalam mencegah munculnya rambut-rambut wajah yang tak diinginkan. Minum sekitar enam hingga delapan gelas setiap hari bisa sangat membantu untuk memperoleh manfaat ini. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Cara Seimbangkan Kondisi Lidah Agar Tetap Sehat di Usia 40-an
Jangan Mudah Tergiur Memuluskan dan Memutihkan Kulit dengan Cepat
4 Tanda yang Bisa Muncul ketika Kamu Memerlukan Behel pada Gigi
4 Alasan Mengapa Kamu Harus Langsung Ganti Baju saat Masuk Rumah
Cara Memilih Sayur Segar yang Baik dan Aman Dikonsumsi
5 Alasan Kamu Harus Langsung Mandi saat Masuk Rumah
5 Cara Mudah Mengeluarkan Air yang Masuk ke Dalam Telinga

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami