6 Cara ampuh basmi kuman penyebab infeksi saluran kencing

SEHAT | 10 April 2015 08:19 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Infeksi saluran kencing atau ISK adalah penyakit yang umum terjadi di kalangan perempuan. Hal ini disebabkan karena saluran kencing mereka berdekatan dengan dubur. Sehingga kuman akan dengan mudah masuk ke saluran kencing dan kemudian menginfeksi kandung kemih, ginjal, maupun uretra.

ISK sendiri walaupun terdengar tidak terlalu mengkhawatirkan, namun bisa menjadi ancaman serius bagi wanita jika tidak segera ditangani dengan baik sebab kuman akan menyebar hingga ginjal dan bisa mematikan. Berikut adalah beberapa perawatan sederhana untuk membasmi kuman penyebab ISK seperti dilansir dari healthmeup.com.

  • buah cranberries dikenal sebagai buah yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab ISK. Minum jus cranberries menjadi obat yang ampuh untuk menyembuhkan ISK terutama bagi mereka yang berulang kali terkena penyakit ini. Mengonsumsi cranberries juga akan membuat urin menjadi asam sehingga dapat mencegah pembentukan batu kalsium amonium fosfat alkali pada saluran kemih.
  • Mengonsumsi peterseli membantu membunuh bakteri dan mencegah infeksi saluran kemih.
  • Akar dandelion adalah salah satu herbal terbaik untuk detoksifikasi hati dan ginjal. Tanaman ini mampu memurnikan darah dan meningkatkan fungsi hati dan ginjal. Jika dikonsumsi secara teratur juga dapat menyembuhkan penyakit ISK.
  • Siapa sangka jika mengonsumsi marshmallow secara teratur dapat membunuh bakteri dalam kandung kemih? Sehingga Anda pun dapat terhindar dari penyakit ISK.
  • Minum banyak air setidaknya 2,5 liter setiap hari serta mengurangi konsumsi garam dapat menjadi cara efektif untuk mencegah ISK.
  • Terakhir, rajinlah untuk membersihkan organ intim Anda setiap selesai buang air kecil. Pastikan pula Anda membasuhnya dengan air yang bersih.

Beberapa gejala ISK yang bisa Anda rasakan adalah nyeri di perut bagian bawah, sering buang air kecil, demam, serta adanya sensasi terbakar saat Anda buang air kecil. Oleh karena itu cegah dan basmi ISk dengan cara mudah di atas. Selamat mencoba! (mdk/feb)


Panas terik bikin sakit mata? Ini 4 tips untuk mencegahnya!
Mouthwash, cairan ajaib penjaga kesehatan mulut
Dapatkan 8 manfaat sehat ini dari minum air tajin! [Part 2]
Dapatkan 8 manfaat sehat ini dari minum air tajin! [Part 1]

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.