6 Cara Cepat Meredakan Nyeri Otot yang Muncul Usai Berolahraga

SEHAT | 16 Juli 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Usai berolahraga, sendi dan otot kita kerap kali merasa pegal dan nyeri terutama usai berolahraga berat. Perasaan ini sering membuat seseorang enggan untuk berolahraga karena tak mau merasakan efek samping yang muncul.

Hal yang terjadi pada tubuh ini sebetulnya merupakan proses memperbaiki serat otot yang terkotak saat berolahraga. Parahnya rasa sakit yang muncul sangat tergantung dari seberapa berat olahraga yang kamu lakukan.

Rasa pegal pada otot ini biasanya muncul ketika kamu baru melakukan olahraga yang sebelumnya tak kamu lakukan. Hal ini juga bisa terjadi jika kamu berolahraga terlalu berat.

Proses ini bisa jadi penanda bahwa ototmu mulai beradaptasi dengan rutinitas olahraga yang kamu jalani. Rasa nyeri ini biasanya bertahan selama tiga hingga lima hari dan akan menghilang dengan sendirinya.

Walau rasa nyeri ini bakal hilang sendiri, namun terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya lebih cepat hilang. Dilansir dari The Health Site, berikut enam cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri otot setelah olahraga dengan cepat.

1. Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga ringan bisa meningkatkan aliran barah ke seluruh tubuh. Meningkatkan aliran darah dan nutrisi pada tubuh bisa mempercepat proses penyembuhan otot.

2. Minum Banyak Air Putih

Air bisa membilas racun yang ada di dalam tubuh. Ketika otot terkoyak, dilepaskan sejumlah racun ke dalam tubuh. Munculnya hal ini bisa meningkatkan rasa nyeri dan pegal di dalam tubuh. Oleh karena itu, minum banyak air bisa membantu menghilangkan racun ini.

3. Konsumsi Protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membangun dan mempertahankan otot. Ketika kamu mengonsumsi nutrisi ini, penyembuhan dari otot bakal berjalan lebih cepat.

4. Lakukan Peregangan otot

Meregangkan otot merupakan cara terbaik untuk menghilangkan kaku dan pegal di otot. Hal ini tidak hanya bisa membuatmu merasa lebih baik namun juga membuat pergerakanmu jadi lebih bebas.

5. Lakukan Terapi Panas

Terapi panas bisa membantu mengurangi rasa tegang dan nyeri pada ototmu. Cara ini juga bisa meningkatkan sirkulasi dan mempercepat proses penyembuhan.

6. Dinginkan Bagian yang Nyeri

Selain terapi panas, terapi dingin dengan es juga dapat dilakukan untuk membantu mengatasi nyeri otot. Hal ini bisa membantu mengurangi bengkak dan meminimalisasi radang.

Sejumlah hal tersebut bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri dan pegal otot yang terjadi usai berolahraga. Namun jika rasa nyeri tersebut tak kunjung hilang setelah beberapa waktu, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Baca juga:
Ilmuwan Temukan Cara Unik untuk Membuat Seseorang Lebih Kuat Ketika Berolahraga
Penderita Diabetes Dianjurkan untuk Menghindari Olahraga Angkat Beban
Ini Penyebab Seseorang Kerap Terbatuk-Batuk Saat Berolahraga
Berenang di Laut Bisa Tingkatkan Risiko Infeksi Kulit pada Seseorang
Ingin Badan Cepat Kurus? Jangan Sarapan Sebelum Olahraga di Pagi Hari

(mdk/RWP)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com