6 Cara Mencegah Terjadinya Pegal dan Nyeri Otot usai Berolahraga

6 Cara Mencegah Terjadinya Pegal dan Nyeri Otot usai Berolahraga
SEHAT | 22 Oktober 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Usai berolahraga, sendi dan otot kita kerap kali merasa pegal dan nyeri terutama usai berolahraga berat. Perasaan ini sering membuat seseorang enggan untuk berolahraga karena tak mau merasakan efek samping yang muncul.

Rasa pegal dan nyeri di otot merupakan dampak yang mungkin kita alami usai berolahraga. Hal ini sering membuat kita enggan untuk berolahraga kembali karena rasa sakit yang mengganggu ini.

Hal yang terjadi pada tubuh ini sebetulnya merupakan proses memperbaiki serat otot yang terkotak saat berolahraga. Parahnya rasa sakit yang muncul sangat tergantung dari seberapa berat olahraga yang kamu lakukan.

Rasa pegal pada otot ini biasanya muncul ketika kamu baru melakukan olahraga yang sebelumnya tak kamu lakukan. Hal ini juga bisa terjadi jika kamu berolahraga terlalu berat.

Proses ini bisa jadi penanda bahwa ototmu mulai beradaptasi dengan rutinitas olahraga yang kamu jalani. Rasa nyeri ini biasanya bertahan selama tiga hingga lima hari dan akan menghilang dengan sendirinya.

Walau rasa nyeri ini bakal hilang sendiri, namun terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya lebih cepat hilang. Dilansir dari The Health Site, berikut enam cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri otot setelah olahraga dengan cepat.

Baca Selanjutnya: Pentingnya Pemanasan dan Peregangan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami