6 Cara Mudah dan Sederhana Mengatasi Tumit dan Kaki Pecah-Pecah

SEHAT | 8 Oktober 2019 00:36 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kondisi kaki atau tumit pecah-pecah bukan merupakan hal yang asing dialami oleh banyak orang. Pada beberapa orang, kaki pecah-pecah ini biasanya bahkan berujung munculnya rasa tak nyaman dan bahkan sakit.

Kaki pecah-pecah ini biasanya diawali dari kondisi tersebut di bagian tumit. Selanjutnya, kondisi ini bisa menyebar ke bagian lain kaki seperti jari atau bagian lain.

Ketika kondisi pecah di tumit ini cukup dalam, bisa muncul rasa sakit ketika seseorang berdiri. Bahkan hal ini kadang bisa sampai berujung munculnya pendarahan.

Ketika kondisi kaki pecah-pecah yang kamu alami sudah cukup parah, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Namun jika masih dalam tahap yang tidak terlalu parah, maka kamu bisa mengobatinya sendiri.

Terdapat berbagai obat dan salep yang bisa digunakan untuk mengobati kaki pecah-pecah. Namun sejumlah bahan alami dan sederhana juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi kondisi ini.

Sejumlah cara tersebut bisa membuat kelembapan kaki terjaga sehingga tidak terjadi kondisi kaki pecah-pecah. Dilansir dari Medical News Today, berikut sejumlah cara untuk mengatasi kaki pecah-pecah.

1 dari 6 halaman

Menggunakan Pelembap Jenis Emolien dan Humektan

Terdapat sejumlah jenis pelembap yang bisa mengatasi kondisi pada kaki ini. Pelembap emolien bisa membantu mencegah hilangnya kadar air sehingga membuat kulit terasa lembut dan fleksibel.

Pelembap humektan sendiri bisa menarik air dan menjaga kelembapan kaki serta meningkatkan kapasitas air pada kaki. Hal ini bisa menjaga kaki tidak kering dan tak mengalami pecah-pecah.

2 dari 6 halaman

Menggunakan Pelembap Jenis Oklusif

Setelah menggunakan pelembap jenis emolien dan humektan, selanjutnya kamu bisa mengoleskan pelembap jenis oklusif. Hal ini bisa kamu lakukan sebelum tidur agar kelembapan kaki tidak hilang. Dengan terjaganya kelembapan kaki, maka kondisi kakimu tidak bakal kering dan mengalami pecah-pecah.

3 dari 6 halaman

Menggunakan Kaus Kaki Katun Saat Tidur

Cara mudah lain yang bisa kamu lakukan adalah tidur menggunakan kaus kaki katun. Hal ini bisa membantu menjaga kelembapan kaki sehingga terhindar dari kondisi pecah-pecah. Pemilihan kaus kaki berbahan katun juga membantu tumit untuk bernapas.

4 dari 6 halaman

Oleskan Keratolitik pada Kulit Mengeras

Kulit mengeras merupakan kondisi yang muncul sebelum mengalami pecah-pecah. Obat keratolitik ini bisa berbentuk salep, pasta, atau gel, dan memiliki fungsi untuk melemaskan kulit bagian luar dan menghilangkan sel kulit mati.

5 dari 6 halaman

Gosok dengan Batu Apung

Mengoles kaki pecah-pecah dengan batu apung merupakan cara yang sudah banyak dilakukan. Pastikan untuk melakukan cara ini ketika kondisi kaki sudah lembap untuk menghilangkan kulit yang mengeras serta kapal pada kaki.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Liquid Bandage

Perban dalam bentuk cair, gel, atau spray dapat digunakan untuk menutupi kulit pecah-pecah. Bentuk perban ini bisa memberi lapisan pelingdung pada kaki yang pecah, mengurangi rasa sakit, mencegah debu dan bakteri masuk ke luka, serta membantu sembuh lebih cepat.

Sejumlah tersebut bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah. Walau begitu, ketika masalah ini tak kunjung selesai, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter kulit untuk menanganinya. (mdk/RWP)

Baca juga:
Hindari 5 Makanan ini Agar Wajah Selamat dari Jerawat
Sejumlah Penyakit yang Mengintai dari dalam Kolam Renang
Waspadai Gejala Penyakit Kulit Kronis yang Bisa Dialami oleh Orang Dewasa
Tongkol Jagung Diketahui Bisa Jadi Bahan yang Tepat untuk Tabir Surya
Berpuasa Diketahui Bisa Memberikan Manfaat pada Kesehatan Kulit Seseorang
6 Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit