6 Cara Tetap Waras Selama Pandemi Covid-19

6 Cara Tetap Waras Selama Pandemi Covid-19
SEHAT | 28 Oktober 2020 02:00 Reporter : Titah Mranani

Merdeka.com - Merebaknya pandemi covid-19 yang cepat dan merata ke seluruh dunia, tidak hanya mengancam kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Efek psikologi yang ditimbulkan karena pandemi ini bisa berdampak serius.

Anjuran baik dari pemerintah maupun WHO untuk menerapkan social distancing maupun physical distancing dapat menimbulkan jarak secara emosional dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, teman maupun umat persekutuan di tempat ibadah yang dapat saling memberikan dukungan.

Gangguan mental yang banyak dihadapi selama masa pandemi ini adalah ketakutan terhadap wabah, rasa terasing selama menjalani karantina, kesedihan dan kesepian karena jauh dari keluarga atau orang yang dikasihi. Kecemasan akan kebutuhan sehari-hari dan kebingungan karena informasi yang simpang siur menambah beban kesehatan mental kita. Beberapa kelompok yang rentan mengalami stres psikologi adalah anak-anak, lansia dan petugas medis.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kewarasan kita selama pandemi, seperti yang dilansir dari alodokter.com.

1. Melakukan aktivitas fisik

Lakukan olahraga ringan, misal lari kecil atau lompat di tempat. Karena saat kita melakukan aktivitas fisik tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang mampu untuk meredakan stres, mengurangi rasa khawatir dan memperbaiki mood kita.

Lakukan peregangan dan latihan pernafasan untuk membantu menenangkan diri kita. Jangan lupa juga untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk menjaga sistem imun kita.

2. Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Misalnya saja nasi, cereal, buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan serta susu. Asupan nutrisi yang bagus ternyata mampu untuk menjaga kesehatan mental, baik secara langsung maupun tidak langsung.

3. Menghentikan kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi alkohol, kurang beristirahat dan sering begadang merupakan kebiasaan yang harus dikurangi karena mengganggu kesehatan fisik dan mental anda. Saat anda kurang istirahat, anda akan lebih mudah mengalami gangguan kecemasan dan membuat mood menjadi tidak stabil.

Baca Selanjutnya: 4 Membuat rutinitas sendiri...

Halaman

(mdk/ttm)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami