6 Fakta penting seputar keringat

6 Fakta penting seputar keringat
SEHAT | 12 Agustus 2013 20:09 Reporter : Rizqi Adnamazida

Merdeka.com - Berkeringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan sistem yang terlalu panas. Namun selain itu, ada banyak fakta penting seputar keringat yang jarang diketahui. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Kelenjar keringat

Setidaknya ada dua sampai empat juta kelenjar keringat yang dimiliki setiap orang. Banyak sekali bukan? Jadi sangat wajar jika seseorang bisa menghasilkan keringat berlebihan.

Keringat wanita dan pria

Meski kelenjar keringat pria menghasilkan keringat yang lebih banyak, namun wanita justru lebih sering dan banyak berkeringat dibandingkan dengan pria.

Jenis keringat

Berkeringat karena panas, olahraga, dan stres ternyata berbeda. Aroma keringat akibat stres pun cenderung lebih buruk.

Aroma keringat

Hanya ada satu kelenjar yang membuat aroma keringat sangat buruk. Biasanya, kelenjar itu pun hanya berada di sekitar tubuh yang memiliki rambut, seperti ketiak, selangkangan, dan kulit kepala.

Keringat asin

Pernah mencoba rasa keringat? Memang asin rasanya. Namun tahukah Anda, beberapa orang memiliki kadar keasinan keringat yang lebih tajam daripada yang lain.

Jumlah keringat

Ketika berolahraga di cuaca yang panas, seorang atlet bisa mengeluarkan keringat sebanyak dua sampai enam persen dari total berat badannya.

Itulah beberapa fakta penting seputar keringat. Untuk menghilangkan bau keringat dan membersihkan tubuh, sebaiknya Anda lebih rajin mandi dan jangan cuma mengandalkan deodoran!

Baca juga:

Sindrom mata kering serang pegawai kantoran

7 Hal yang merusak kesehatan mata

Mata kedutan: Penyebab dan cara mengatasinya

10 Cara merawat kesehatan mata

Awas, alkohol bisa merusak mata dan kulit (mdk/riz)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami