6 Gejala yang wajib diketahui sebelum serangan jantung datang!

SEHAT | 24 Maret 2017 04:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Serangan jantung biasanya tidak disertai dengan tanda-tanda klasik yang Anda lihat di kebanyaka film. Misalnya mencengkram dadanya kuat-kuat secara dramatis dan pingsan.

Faktanya, 25 persen serangan jantung terjadi secara diam-diam, tanpa gejala yang jelas. Serangan jantung diam ini kadang bisa berubah menjadi fatal ketika tidak ada yang mengetahui dan tidak cepat mendapat perhatian medis segera.

Dikutip dari Boldsky (21/3), ada beberapa gejala serangan jantung yang perlu Anda ketahui. Sehingga Anda tidak harus menunggu mengalami serangan jantung terjadi. Setidaknya ada gejala sebagai tanda awal yang bisa diperhatikan.

Untuk lebih lengkapnya, silakan ikuti penjelasannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Pembengkakan

Gejala serangan jantung. © boldsky.com

Gagal jantung bisa menyebabkan cairan utnuk mengakomodasi dalam tubuh, sehingga menyebabkan pembengkakan kaki atau pergelangan kaki. Kadang-kadang, orang mungkin membiarkan begitu banyak cairan yang justru dapat menyebabkan bertambahnya berat badan.

Saat sudah begini, biasanya orang tersebut cenderung kehilangan nafsu makan.

2 dari 6 halaman

Gelisah

Gejala serangan jantung. © boldsky.com

Banyak korban yang telah menyatakan bahwa mereka memiliki perasaan 'azab akan datang' atau kecemasa sebelum serangan jantung terjadi. Oleh karena itu, lebih baik utnuk hati-hati jika Anda memiliki serangan kecemasan semacam ini.

Ini adalah salah satu gejala serangan jantung utama yang Anda butuhkan untuk tetap sadar.

3 dari 6 halaman

Sakit yang menjalar

Gejala serangan jantung. © boldsky.com

Biasanya orang yang akan atau sedang mendapatkan serangan jantung akan merasakan sakit yang menjalar ke bagian tubuh lain.

Mulanya, rasa sakit berada di bagian dada, kemudian menyebar ke bahu, lengan, siku, leher, rahang, punggung, dan perut. Jika sudah begini, segera mendapat perawatan medis.

4 dari 6 halaman

Batuk

Gejala serangan jantung. © boldsky.com

Orang yang mndapatkan serangan jantung dapat batuk berdahak dengan darah. Selain itu, batuk juga terus menerus terjadi disertai sedikit sesak napas. Ini merupakan gejala gagal jantung. hal ini juga merupakan hasil dari penumpukan cairan di paru-paru.

Maka, ini peringatan yang tidak boleh Anda sepelekan.

5 dari 6 halaman

Tidak nyaman

Gejala serangan jantung. © boldsky.com

Ada perasaaan yang tidak nyaman. Mirip dengan gelisah tak menentu, namun ini lebih pada perasaan yang menyangkut fisik. Ada keluhan seperti dada yang kurang nyaman, sesak napas, keringat dingin, mual, dan juga pusing.

Ingat, ini merupakan gejala yang harus Anda perhatikan. Jika berlansung secara hampir bersamaan segera antisipasi dengan pemeriksaan medis.

6 dari 6 halaman

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.