6 Hal Tak Terduga yang Bisa Muncul Ketika Kamu Hamil

SEHAT | 20 September 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika kamu tengah hamil, terdapat beberapa kondisi fisik yang bisa sangat mudah kamu kenali. Salah satu hal yang paling menonjol adalah perut yang semakin membesar.

Beberapa kondisi tubuh yang kamu miliki juga dapat berubah seiring kehamilan yang kamu alami. Perubahan emosional juga bisa terjadi ketika kamu tengah hamil.

Perubahan secara fisik lain ternyata juga dapat muncul pada diri seseorang ketika dia tengah hamil. Perubahan ini terjadi sejumlah bagian tubuh mulai wajah hingga kaki.

Perubahan yang terjadi pada diri seseorang ketika hamil ini bisa sangat tak terduga. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal tak terduga yang bisa muncul ketika kamu hamil.

1 dari 6 halaman

Semakin Bertambahnya Rambut

Dampak samping dari rambut yang tumbuh panjang dan berkilau ketika hamil adalah tumbuhnya rambut ini di tempat tak terduga. Rambut ini dapat tumbuh di wajah, perut, punggung, dan puting.

Namun jangan terlalu khawatir, pasalnya tumbuhnya rambut ini hanya sementara dan bakal berkurang enam bulan setelah melahirkan. Jika rambut ini cukup menjadi masalah bagimu, kamu dapat mencukur atau melakukan wax.

2 dari 6 halaman

Munculnya Spider Veins

Spider veins merupakan kondisi yang menyebabkan tampaknya pembuluh darah serupa sarang laba-laba pada tubuh seseorang. Hal ini biasa dialami seseorang ketika tengah hamil.

Ketika hamil, meluapnya hormon serta membesarnya perut menghadirkan tekanan pada pembuluh darah sehingga menyebabkan bagian tersebut membesar. Hal ini menimbulkan munculnya tanda berbentuk laba-laba pada lengan, kaki, tubuh, dan bahkan pada wajah.

3 dari 6 halaman

Kutil

Walau tak banyak terjadi, kutil mungkin muncul ketika kamu tengah hamil. Namun jangan khawatir karena hal ini tak berbahaya dan bisa dihilangkan secara mudah oleh spesialis kulit setelah melahirkan.

4 dari 6 halaman

Titik Hitam di Wajah

Ketika hamil, mungkin munculnya titik hitam di wajah seseorang. Hal ini dikenali dengan bercak hitam dan seperti bernoda pada pipi, bibir atas, dan dahi.

Hal ini terjadi karena peningkatan tingkat estrogen yang dialami oleh 75 persen wanita hamil. Sebaiknya jangan menggunakan krim pencerah kulit karena memiliki kandungan yang tak disarankan bagi mereka yang hamil atau menyusui. Munculnya titik ini juga hanya sementara dan bakal sirna setelah melahirkan.

5 dari 6 halaman

Jerawat

Perubahan hormon ketika hamil menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak. Kondisi kulit seperti ini mempermudah munculnya jerawat.

Masalah kulit ini bisa dialami mulai bulan pertama kehamilan dan bertahan hingga usia kehamilan sembilan bulan. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan wajah dua atau tiga kali sehari dan menggunakan produk kecantikan yang bebas minyak.

6 dari 6 halaman

Rambut Tebal dan Bersinar

Ketika hamil, rambutmu bakal tampak lebih tebal dibanding sebelumnya. Hal ini terjadi karena hormon kehamilan memperlambat kerontokan rambut yang kamu alami. Namun ketika kehamilan usai, kondisi rambutmu bakal kembali seperti semula.

Sejumlah kondisi fisik tersebut, tanpa kamu sadari bisa muncul ketika kamu tengah hamil. Sebagian kondisi tersebut hanya terjadi secara sementara dan bakal menghilang usai kamu melahirkan. (mdk/RWP)

Baca juga:
Bagi Wanita Hamil, Posisi Tidur Ini Ternyata Aman dan Tak Sebabkan Masalah
Pentingnya Cek Kesehatan Sebelum Pernikahan untuk Cegah Risiko Anemia
Benarkah Penderita Anemia Harus Menghindari Konsumsi Susu?
Stres yang Dialami oleh Ibu Hamil Bisa Timbulkan Masalah Kepribadian pada Buah Hati
5 Kondisi yang Bisa Menyebabkan Wanita Mengalami Sulit Hamil
4 Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Merencanakan Jumlah Anak Sebelum Kehamilan