6 Hal yang Bisa Memicu Kamu Jadi Sering Buang Air Kecil

SEHAT | 4 September 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Buang air kecil merupakan hal normal yang dilakukan oleh manusia sehari-hari. Buang air kecil merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan limbah berupa cairan.

Kencing yang kamu keluarkan ini bisa menjadi penanda kondisi kesehatan atau masalah yang kamu alami. Selain itu, penting juga untuk segera buang air ketika kamu merasakannya agar tidak mengalami masalah kesehatan lebih jauh.

Jumlah dan intensitas kencing berbeda tiap orang, tergantung pola makan serta gaya hidup yang dijalani. Namun ketika kamu sudah terlalu sering buang air kecil dalam sehari, maka hal ini bisa jadi merepotkan.

Seringnya kamu kencing dalam sehari ini bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari terlalu banyak minum atau karena penyakit. Namun bisa juga hal ini dipicu oleh hal lain.

Sejumlah penyakit maupun jenis makanan yang kamu konsumsi bisa memicu terjadinya hal ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah hal yang bisa jadi pemicu kamu sering buang air kecil.

1 dari 6 halaman

Konstipasi

Mungkin cukup aneh mengetahui bahwa kesulitan buang air besar bisa memicu buang air kecil. Saluran kemih dan rektum memiliki posisi berdekatan sehingga mereka dihubungkan saraf yang sama.

"Tinja yang keras dan padat di rektum bisa menyebabkan saraf ini menjadi aktif secara berlebihan sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil," terang Mayo Clinic.

2 dari 6 halaman

Cemas

Ketika kamu merasa cemas dan stres, maka kamu bisa jadi lebih sering buang air kecil. Berdasar penjelasan Calm Clinic, terjadinya hal ini disebabkan karena tegangnya otot ketika cemas.

Ketika cemas, ketegangan ini memberi tekanan pada kantong kemih yang kamu miliki. Namun di sisi lain, karena tidak adanya tambahan cairan di tubuh, maka bisa saja kamu ingin buang air tanpa ada kencing yang keluar.

3 dari 6 halaman

Diabetes

Penyakit diabetes bisa jadi penyebab kamu lebih sering buang air kecil. Mayo Clinic menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena penumpukan gula di darah menarik cairan dari jaringan sehingga kamu jadi haus.

"Hasilnya, kamu mungkin minum dan buang air kecil lebih banyak dibanding biasanya," tulis Mayo Clinic.

4 dari 6 halaman

Infeksi

Sejumlah jenis infeksi yang terjadi pada saluran kencing bisa membuatmu buang air kecil lebih banyak. Ketika kamu mengalami infeksi saluran kencing, maka air seni yang keluar bisa cukup berbeda seperti lebih keruh, mengandung darah, serta memiliki bau yang berbeda.

5 dari 6 halaman

Kencing Batu

Terkadang mineral pada kandung kemih bisa menyebabkan gumpalan yang menimbulkan kencing batu. Ketika kencing batu ini menyebabkan iritasi pada organ tersebut, kamu mungkin menjadi lebih sering buang air kecil.

6 dari 6 halaman

Makanan Pedas atau Asam

Saluran kemih beberapa orang bisa mengalami iritasi ketika mereka mengonsumsi makanan asam seperti saus tomat atau jeruk. Ketika mengonsumsi makanan pedas, hal yang sama juga dapat terjadi.

Makanan khusus penyebab terjadinya masalah ini bisa bermacam-macam dari satu orang ke lainnya. Selain sejumlah makanan tersebut, alkohol, pemanis buatan, dan cokelat juga bisa menjadi penyebab hal ini. (mdk/RWP)

Baca juga:
Manfaat yang Bisa Didapat Pria dari Buang Air Kecil dalam Posisi Duduk
Berapa Kali Sih Normalnya Kamu Kencing Dalam Sehari?
4 Penyakit yang Mungkin Terjadi Ketika Kamu Merasa Nyeri di Saluran Kencing
Ini Bahayanya Menahan Kencing Bagi Wanita
8 Penyebab Munculnya Busa pada Air Seni Kamu