6 Hal yang Jadi Alasan Seseorang Enggan Lakukan Konsultasi Masalah Mental

SEHAT | 8 September 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Masalah mental merupakan satu hal yang perlu untuk mendapat perhatian secara layak. Sayangnya banyak orang yang tidak mau mengatasinya dengan tepat atau mengkonsultasikannya dengan psikolog atau psikiater.

Adanya anggapan bahwa hal ini bukan masalah penting menjadikannya kurang mendapat perhatian. Hal ini sering berlanjut dan berlarut sehingga berlangsung dalam jangka panjang.

Mengakui bahwa memiliki masalah mental juga sering membuat seseorang mendapat stigma buruk dari masyarakat. Mereka sering dianggap memiliki masalah di luar itu bahkan pada beberapa orang masalah ini sering dipersepsikan sebagai orang gila.

Penanganan masalah ini secara tepat perlu dilakukan dengan menemui psikoterapis. Sayangnya banyak orang yang tak menganggap serius masalah ini walau dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Kurangnya perhatian dan keinginan mengonsultasikan masalah ini bisa terjadi karena didasari sejumlah hal. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah alasan mengapa seseorang enggan mengonsultasikan masalah mental yang dialaminya.

1 dari 6 halaman

Kurang Nyaman

Rasa kurang nyaman ini muncul karena seseorang enggan bercerita kepada orang asing mengenai masalah yang dialaminya. Banyak orang lebih sering bercerita ke teman padahal mereka tak memiliki pengetahuan yang memadai mengenai mengatasi masalah mental ini.

Selain itu, teman atau keluarga bisa jadi masalah pada kehidupan seseorang. Oleh karena itu, penting adanya keberadaan psikoterapis terutama ketika mengalami masalah ini.

2 dari 6 halaman

Biaya yang Mahal

Berkonsultasi dengan psikolog dan psikiater bisa jadi sangat mahal. Hal itu lah yang menjadi hambatan bagi seseorang melakukan konsultasi ini.

Untungnya, pada saat ini masalah kesehatan mental sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, kamu tetap bisa melakukan konsultasi kesehatan mental ini dengan harga terjangkau pada beberapa rumah sakit atau klinik.

3 dari 6 halaman

Menghabiskan Waktu

Penanganan masalah mental tidak bisa langsung sembuh begitu saja. Butuh proses dan waktu yang harus cukup telaten dijalani untuk mendapat manfaat dari terapi ini.

Walau memakan waktu lama, namun sesi terapi ini penting untuk dilakoni. Bersabar menyembuhkan diri secara perlahan tentu sangat penting dibanding terus menghindarinya.

4 dari 6 halaman

Pengalaman Buruk di Masa Lalu

Pengalaman buruk di masa lalu ketika melakukan sesi terapi bisa menjadi trauma tersendiri. Namun hal ini seharusnya tidak menjadi alasan yang membayangi seseorang terus melakukan konsultasi.

Namun seharusnya pengalaman buruk di masa lalu ini tidak menghalangi kamu untuk melakukan sesi konsultasi berikutnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencari terapis lain yang sekiranya nyaman untukmu.

5 dari 6 halaman

Lebih Tertarik dengan Obat-Obatan

Alasan lain seseorang enggan ke terapis adalah karena mereka lebih ingin mengonsumsi obat. Oleh karena itu kadang mereka membeli obat penenang secara langsung ke apotek.

Sesungguhnya, hal yang mereka lakukan ini tergolong berbahaya dan tidak disarankan. Berkonsultasi dengan terapis bisa membantu mengetahui kondisimu secara lebih tepat dan menemukan obat yang cocok.

6 dari 6 halaman

Tertutup dan Tak Ingin Berbagi Informasi Pribadi

Banyak orang tak ingin berbagi informasi pribadi kepada terapis mereka. Mereka cenderung tertutup dan tak ingin orang lain tahu yang mereka alami.

Hal ini menyebabkan mereka tidak menemui terapis untuk menceritakan dan mengonsultasikan kondisi mereka. Namun sesungguhnya kamu tak perlu khawatir karena terapis tak bakal membocorkan informasi mengenai dirimu kepada pihak luar.

Sejumlah alasan itu biasa jadi penghambat dalam dirimu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Jika merasa ada yang tak beres dengan mentalmu, sebaiknya segera berkonsultasi dan lakukan terapi yang tepat. (mdk/RWP)

Baca juga:
Masalah dengan Lingkungan Sekitar Bisa Sebabkan Anak Alami Masalah Pencernaan
4 Cara Terhindar dari Stress Eating yang Mungkin Membuat Berat Badanmu Meningkat
Miliki Jerawat Bisa Buat Seseorang Mengalami Depresi
Konsumsi Buah dan Sayur dalam Kondisi Mentah Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental
Polusi Udara Bisa Picu Munculnya Gangguan Bipolar dan Depresi
Penggunaan Media Sosial Bisa Sebabkan Masalah Mental pada Anak dan Remaja

TOPIK TERKAIT