6 Hal yang Mengakibatkan Puting Payudara Berubah Warna Menjadi Lebih Gelap

SEHAT | 30 September 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Payudara wanita bisa mengalami perubahan seiring waktu dan kondisi. Perubahan yang terjadi ini bisa muncul pada sejumlah bagian dari payudara termasuk pada puting.

Bagian puting pada payudara wanita bisa mengalami perubahan seiring waktu. Salah satu perubahan yang bisa dialami adalah pada warna puting payudara.

Perubahan warna payudara yang terjadi pada puting adalah warnanya yang berubah menjadi gelap. Perubahan warna yang terjadi pada bagian areola ini sebenarnya tidak berbahaya.

Walau pada beberapa kasus perubahan warna pada puting ini cukup aman, namun ada kondisi tertentu yang patut kamu waspadai. Pada kondisi ini, sebaiknya seseorang berkonsultasi ke dokter.

Perubahan warna pada puting payudara ini bisa disebabkan berbagai macam hal yang terjadi pada tubuhmu. Dilansir dari Medical News Today, berikut sejumlah hal yang mengakibatkan puting berubah warna menjadi lebih gelap.

1 dari 6 halaman

Kontrasepsi

Kontrasepsi yang diminum bisa mengakibatkan perubahan hormon dalam tubuh. Hal ini bisa menjadi penyebab puting payudara tampak lebih gelap.

Pil KB memiliki kandungan sintetis dari hormon estrogen dan progeteron. Hal ini menimbulkan dampak yang sama dengan perubahan hormonal sehingga warna puting menjadi lebih gelap. Hal ini bisa menghilang usai kamu berhenti mengonsumsi pil KB ini.

2 dari 6 halaman

Pubertas

Tingkat estrogen seseorang bakal meningkat drastis pada masa pubertas. Meningkatnya estrogen secara drastis menyebabkan pertumbuhan pada payudara.

Selain pada perubahan ukuran payudara, warna pada puting juga bisa berubah. Warna puting bakal lebih gelap ketika kamu berada pada saat pubertas.

3 dari 6 halaman

Hamil

Pada saat janin berada dalam kandungan, tubuh memproduksi tambahan estrogen dan progesteron untuk menyiapkan produksi susu bagi bayi. Perubahan pada payudara juga terjadi ketika hormon ini diproduksi.

Payudara biasanya bakal menjadi lebih besar dan sakit ketika disentuh. Payudara juga berubah warna menjadi gelap selama masa kehamilan ini.

4 dari 6 halaman

Menyusui

Ketika menyusui, warna puting juga bakal menjadi gelap karena produksi Air Susu Ibu (ASI). Perubahan warna ini juga dipercaya bisa membantu bayi lebih mudah menemukan sumber makanan mereka.

Perubahan hormonal pada ibu menyusui juga menjadi alasan dari perubahan warna puting ini. Usai ASI berhenti diproduksi, warna puting bakal kembali seperti sedia kala.

5 dari 6 halaman

Menstruasi

Menstruasi merupakan bagian alami dari siklus reproduksi. Ovarium bersiap melepas telur untuk kesuburan selama siklus ini. Hal ini bisa menyebabkan sejumlah perubahan pada tubuh.

Selama masa ovulasi, payudara bakal mengalami perubahan. Selain payudara yang menjadi lebih lembut, puting payudara juga bisa menjadi lebih gelap.

6 dari 6 halaman

Kanker

Penyebab terakhir ini merupakan yang perlu diwaspadai dibanding lainnya. Penyakit Paget merupakan kanker yang terjadi pada bagian puting.

Salah satu gejala dari penyakit ini adalah perubahan warna yang terjadi di sekitar puting. Jika perubahan warna puting ini terjadi tanpa sejumlah kondisi lain seperti di atas, maka kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

Perubahan warna puting payudara ini bisa terjadi seiring waktu dan kondisi. Hal ini sesungguhnya tak berbahaya namun jika cemas, segera berkonsultasi dengan dokter. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Tips Penting Bagi Wanita untuk Memilih Bra yang Cocok dan Menyehatkan
5 Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul Akibat Menggunakan Bra Terlalu Kecil
Ini Alasan Mengapa Manusia Punya Payudara Permanen Sedangkan Hewan Tidak Punya
3 Perubahan yang Dialami oleh Payudara Wanita ketika Menstruasi Tiba
Punya Dada Semakin Besar Bisa Buat Wanita Jadi Enggan Berolahraga