6 Hal yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Membuatmu Menua Lebih Cepat

6 Hal yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Membuatmu Menua Lebih Cepat
Ilustrasi kerutan. ©Shutterstock
SEHAT | 8 Juni 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Penuaan merupakan sebuah hal yang pasti dialami banyak orang. Hal ini biasanya mulai menjadi perhatian seseorang sejak usia 30-an ketika sejumlah tanda penuaan mulai tampak.

Untuk mencegah penuaan yang lebih dini ini, sejumlah hal biasanya dilakukan terutama pada kulit. Sejumlah produk perawatan kulit bisa membantu dalam mencegah penuaan lebih dini.

Namun tahukah kamu bahwa ternyata sejumlah hal tanpa kamu sadari bisa membuatmu lebih cepat menua? Hal ini terutama sangat memengaruhi penampilan dan kondisi kulitmu.

Sejumlah kebiasaan berikut mungkin cukup jarang kamu sadari bisa memengaruhi penuaan yang terjadi. Dilansir dari Brightside, berikut sejumlah hal yang tanpa kamu sadari bisa membuatmu menua yang lebih cepat.

2 dari 4 halaman

Kebiasaan Minum Kopi dan Mengusap Mata

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang dinikmati oleh banyak orang setiap hari. Namun, siapa sangka bahwa terlalu banyak mengonsumsi kopi ini bisa membuat kulitmu menjadi tampak lebih tua.

Kopi merupakan minuman dengan kandungan diuretik yang menyebabkan dehidrasi dan membuat kulit tampak kusam dan keriput. Oleh karena itu, demi mencegah penuaan, kamu bisa menghindari untuk mengonsumsi kopi setiap hari atau ganti jenis kopimu dengan kopi instan yang cenderung memiliki kandungan kafein lebih sedikit.

2. Terlalu Sering Mengusap Mata

Mengusap mata merupakan hal yang sangat tidak disarankan, hal ini ternyata juga bisa membuatmu tampak lebih tua. Kebiasaan ini bisa membuat mata menjadi kemerahan dan membuat kulit di sekitarnya menjadi mengering.

Kulit di bagian bawah mata cenderung sangat tipis sehingga mengusapnya bisa melukai pembuluh darah di bawahnya dan berujung munculnya lingkaran hitam. Terus mengusap mata juga bisa melonggarkan kulit di area mata dan menyebabkan munculnya keriput pada bagian sudut mata.

3 dari 4 halaman

Tidur Tengkurap dan Penggunaan Makeup sebagai Pengganti Tabir Surya

dan penggunaan makeup sebagai pengganti tabir surya

3. Tidur Tengkurap

Posisi tidur tengkurap merupakan salah satu posisi tidur yang tidak disarankan. Posisi tidur ini bisa berdampak buruk baik pada kesehatan pernapasan maupun kulit.

Posisi tidur tengkurap ini bisa menyebabkan memburuknya jerawat serta memunculkan keriput dan garis-garis halus di wajah. Pada saat kamu tidur tengkurap, wajahmu menempel di bantal dan menimbulkan kerut vertikal. Melakukannya setiap malam bisa menyebabkan keriput ini menjadi permanen.

4. Menggunakan Makeup Sebagai Pengganti Tabir Surya

Walau banyak makeup memiliki kandungan SPF, namun penggunaannya tidak bisa menggantikan tabir surya. Sinar ultraviolet dari matahari bisa menjadi penyebab utamanya penuaan kulit termasuk timbulnya kerut dan hiperpigmentasi. Menggunakan tabir surya setiap hari telah terbukti mampu memperlambat proses penuaan dan membuat wajah terbebas dari keriput lebih lama.

4 dari 4 halaman

Penggunaan Sabun Batangan dan Kebiasaan Menjilat Bibir

5. Menggunakan Sabun Batangan

Salah satu jenis sabun yang umum digunakan sehari-hari adalah sabun batang. Namun, ternyata jenis sabun ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Sabun batang biasanya memiliki kandungan yang mengacaukan tingkat pH alami di kulit sehingga membuatnya kering dan mudah keriput. Hal ini terjadi karena sabun ini yang menghilangkan kandungan minyak alami dari kulit.

6. Terlalu Banyak Menjilat Bibir

Menjilat bibir yang kering mungkin tampak sebagai sebuah kebiasaan alami yang tak berbahaya. Walau begitu, pada waktu lama, kebiasaan ini bisa membuat bibir pecah-pecah dan membuatmu dehidrasi.

Air liur yang kita miliki sesungguhnya bisa membuat bibir kering dan kehilangan perlindungannya. Lebih lanjut, kondisi ini bisa membuat kita mengalami penuaan kulit lebih dini. (mdk/RWP)

Baca juga:
Sejumlah Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Langsung Memakai Pakaian yang Baru Dibeli
8 Perawatan Kebersihan Sehari-Hari yang Ternyata Kamu Lakukan secara Salah
5 Penyebab Hanya Satu Ketiak yang Bau Lebih Tak Sedap Dibanding yang Lain
Waspada! Lingkaran Hitam di Bawah Mata Menandakan Penyakit
Ketahui Dampak yang Muncul dari Menggunakan Body Lotion untuk Wajah

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini