6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memunculkan Lingkaran Hitam di Mata

6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Memunculkan Lingkaran Hitam di Mata
SEHAT | 20 September 2020 00:50 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kondisi mata merupakan sebuah hal yang bisa mengganggu penampilan kita. Hal ini bisa membuatmu tampak selalu kelelahan dan lebih tua.

Tidak hanya membuat penampilan menjadi lebih buruk, lingkaran hitam ini juga bisa berdampak terhadap hal lain. Hal ini bisa juga menunjukkan masalah kesehatan yang tengah kamu alami.

Bagian bawah mata merupakan salah satu bagian tubuh yang paling lembut. Bagian ini tidak memiliki kelenjar minyak sehingga sangat rentan mengalami munculnya lingkaran hitam.

Sejumlah hal bisa menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam ini termasuk keturunan, penuaan, stres fisik maupun mental, perubahan hormon, kurang nutrisi, serta kurang tidur. Paparan sinar matahari juga bisa memicu tubuh memperoduksi lebih banyak melanin, pigmen yang juga bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam ini.

Seiring bertambahnya usia, kulit juga menjadi lebih tipis serta kehilangan lemak dan kolagen. Hal ini membuat pembuluh darah berwarna kebiruan di bawah mata menjadi lebih jelas.

Anemia dan dehidrasi juga bisa berdampak negatif terhadap bagian bawah mata dan menyebabkan terbentuknya lingkaran hitam. Gaya hidup tidak sehat serta kebiasaan kulit juga bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam di mata. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Baca Selanjutnya: Kebiasaan Tidur yang Buruk...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami